6 Tips Ampuh Cegah Bau Ketiak yang Bikin Ganggu dan Tidak Percaya Diri

Jakarta, VIVA – Bau ketiak bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan harga diri.  Kondisi ini seringkali disebabkan oleh keringat berlebih dan bakteri yang tumbuh di area ketiak. 

Ketiak merupakan bagian tubuh yang paling lembab. Oleh karena itu, menjadi tempat terbaik bagi bakteri.

Jika Anda banyak berkeringat, ketiak Anda akan basah dan sering mengeluarkan bau tak sedap. Tentu saja hal itu membuat orang-orang di sekitar Anda merasa tidak nyaman dan perlahan-lahan menutup hidungnya. 

Beberapa orang menganggap bau ketiak merupakan hal yang memalukan. Tidak mungkin teman atau kolega menjauhi Anda karena Anda tahu bau ketiak itu.

Namun jangan khawatir, ada cara pasti untuk mengatasi semua masalah tersebut, termasuk bau ketiak yang membuat Anda merasa lebih buruk. Dikutip dari Healthline, berikut beberapa tips mencegah bau ketiak dan menjaganya tetap harum sepanjang hari. 

Penasaran? Silahkan simak ulasannya dibawah ini ya. 

1. Mandi secara teratur

Mandi minimal dua kali sehari, terutama setelah berolahraga, mampu menghilangkan keringat dan bakteri penyebab bau badan. Pilih sabun mandi antibakteri untuk hasil terbaik.

2. Gunakan Deodoran atau Antiperspiran

Deodoran menjadi salah satu alat tempur yang diandalkan banyak orang untuk mencegah bau ketiak. Anda bisa memilih deodoran sesuai selera dan aroma Anda. Beberapa merek memiliki produk deodoran khusus untuk wanita dan pria. 

Deodoran berfungsi untuk menutupi bau badan. Sekaligus, anti keringat berfungsi mengurangi produksi keringat. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

3. Kenakan pakaian yang menyerap keringat.

Tips lainnya adalah memilih pakaian berbahan katun atau bahan alami lainnya yang dinilai lebih mampu menyerap keringat. Hindari pakaian ketat atau sintetis. Karena bahan baju tersebut tidak bisa mengeluarkan keringat sehingga menimbulkan bau badan dan ketiak.

4. Cukur bulu ketiak Anda.

Tentu saja bulu ketiak menyebabkan bau mulut. Rambut ketiak menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Cukurlah ketiak Anda secara teratur untuk mengurangi bau badan.

5. Mulailah mempraktikkan makanan sehat.

Makanan mempengaruhi bau badan atau bau ketiak. Makanan tertentu dianggap menyebabkan bau mulut seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan makanan pedas. Kurangi makanan ini atau masak sebentar dengan bumbu.

Selain itu, perbanyak makan buah-buahan, sayur mayur, dan protein tanpa lemak untuk mencegah bau badan sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Konsumsi probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat membantu menyeimbangkan bakteri dalam tubuh, termasuk bakteri penyebab bau badan. Anda bisa mendapatkan probiotik dari makanan seperti yogurt, kimchi, atau suplemen probiotik.

Kebersihan diri yang baik adalah kunci untuk mencegah bau mulut. Penggunaan deodoran juga penting untuk mengurangi bau tidak sedap yang membuat Anda sadar. Semoga beruntung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *