Lewat Pameran AKI 2024, Sandiaga Uno Harap UMKM Lokal Bisa Tembus Pasar Global

NTT, VIVA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengangkat potensi UMKM lokal ke pasar global, melalui ajang Indonesia Ciptakan Apresiasi (AKI).

Pada tahun 2024, Kemenparekraf akan menyelenggarakan pameran AKI di beberapa daerah antara lain di Labuan Bajo, NTT pada 8-10 Agustus 2024 dan di Merauke, Papua Selatan pada 9-11 Agustus 2024. Gulir informasi selengkapnya, Ayo!

Pameran AKI merupakan upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam memfasilitasi kolaborasi antar pelaku industri kreatif dengan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, dan komunitas kreatif. Hal ini diharapkan dapat menciptakan jaringan yang kuat dan mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. 

Pameran AKI sangat diminati para pelaku UMKM. Buktinya, tercatat 33 perusahaan UMKM menjadi peserta pameran AKI Labuan Bajo. Rinciannya untuk kategori Kuliner sebanyak 18 UMKM, Seni sebanyak 6 UMKM, Fesyen sebanyak 6 UMKM dan Musik sebanyak 3 UMKM. Sementara pada pameran AKI Merauke terdapat 35 perusahaan UMKM yang meliputi kategori kerajinan 12 peserta, memasak 16 peserta, fesyen 2 peserta, musik 3 peserta dan bioskop 2 peserta. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Ono mengatakan, sejak tahun 2021, program AKI hadir untuk memberikan bukti kuat kepada pemerintah dalam mendukung pengembangan UMKM lokal. Tujuannya agar UMKM lokal bisa menembus pasar global. 

Ia berharap penerapan AKI dapat mewujudkan pencapaian nilai ekspor produk ekonomi kreatif pada tahun 2024 yang mencapai 28 miliar dolar AS.

“Saya berharap di sini bapak ibu juga bisa bekerjasama dengan peserta lain dan masyarakat setempat, sehingga produk bapak/ibu (peserta AKI) bisa mempunyai pembeli dan investor yang potensial. Dan yang terakhir kita ingin Indonesia bisa memperluas produk UMKMnya hingga menembus pasar dunia,” kata Sandiaga. pada pembukaan pameran AKI di Labuan Bajo, baru-baru ini, dikutip dari keterangannya, Minggu 25 Agustus 2024. 

Sandiaga berharap melalui pameran AKI, seluruh pelaku ekonomi kreatif mampu meningkatkan kerja sama antar pelaku industri kreatif dan menginspirasi generasi muda. Selain itu juga mempromosikan produk kreatif lokal agar mampu bersaing.

“Saya ingin memastikan AKI 2024 akan melahirkan perusahaan-perusahaan UMKM yang siap naik kelas sesuai dengan janji saya dan juga mengucapkan terima kasih kepada instansi terkait yang telah memberikan dukungan terhadap program ini sehingga dapat terlaksana dan mengenalkan program ini dikalangan masyarakat. komunitas dan komunitas gamer kreatif di Marrakesh,” kata Sandiaga.

Dua musisi papan atas tanah air, Saikoji dan Teton Caribou turut memeriahkan pertunjukan AKI Labuan Bajo. Di sisi lain, Merauke tak kalah meriah dengan kehadiran stand-up artist Buddy Kido dan penyanyi Marcelina Mortia Omar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *