ICDP 2024 Digelar di Labuan Bajo, Perkenalkan Pentingnya Pemahaman Budaya Lokal

NTT, VIVA – Kegiatan International Community Development Program 2024 (ICDP) sukses dilaksanakan pada 13-22 Agustus 2024. Kegiatan ini digelar dengan fokus pada pemberdayaan sektor Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui gagasan aksi mahasiswa. didasarkan pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 

Aksi yang terselenggara atas kerja sama BINUS University dan Politeknik eLBajo Commodus ini memberikan pengalaman unik bagi mahasiswa dalam dan luar negeri dalam meningkatkan studinya dengan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan kemudian berkolaborasi dalam upaya mengembangkan solusi yang dapat meningkatkan dan berdampak pada sektor UMKM. di masyarakat. Scroll untuk mengetahui detail selengkapnya, yuk!

Mahasiswa internasional dari universitas terkemuka seperti University of New South Wales di Australia dan Universiti Teknologi Malaysia diharapkan untuk terlibat dalam kolaborasi lintas batas yang meningkatkan pemahaman antar budaya dan menciptakan pendidikan yang kaya akan komunitas.

Kota Labuan Bajo dipilih karena adanya kesempatan edukasi yang dapat mengenalkan kepada peserta akan pentingnya pemahaman budaya lokal sehingga dapat dipadukan dengan konsep, permasalahan di masyarakat, dan rencana SDG hingga membuat rekomendasi melalui pengaruh teknologi. .  

Debby Sonita Lubis, S.Psi., M.Soc.Sc., selaku Project Manager dan Communication Manager Pusat Internasionalisasi BINUS University mengatakan pada tahun ini, ICDP berharap mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi inovasi-inovasinya dalam pembangunan. Sektor UMKM dengan mengintegrasikan tema TPB. 

“Kami berharap inovasi ini dapat diadopsi oleh UMKM sehingga tidak hanya meningkatkan kualitas usahanya tetapi juga memberikan dampak yang berarti bagi perkembangan perekonomian daerah setempat,” kata Debby dalam sambutannya, dikutip Minggu 25 Agustus. Tahun 2024.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Marianus Yono Jehanu, dimana kerjasama BINUS University dengan Politeknik eLBajo Commodus dapat mendorong perkembangan UMKM khususnya di Desa Batu Cermin yang merupakan salah satu . tempat favorit wisatawan untuk berkunjung di Labuan Bajo. 

“Kami bersyukur atas ide bagus yang kami berikan karena berpotensi untuk diimplementasikan. “Ini merupakan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan,” tambah Kepala Bidang Pembangunan Ekonomi Dinas Pariwisata dan Pembangunan Ekonomi (Disparekraf) Manggarai Barat, Yosef Edward Nairum Nahas (Teddy Nahas).

Profesor Madya. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si, Direktur Politeknik eLBajo Commodus menyampaikan apresiasinya kepada BINUS University yang telah menjadi tuan rumah kegiatan ICDP 2024 di Labuan Bajo. Kegiatan ini merupakan implementasi spesifik dari kerjasama strategis antara BINUS University dan Politeknik eLBajo Commodus untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami berharap melalui kerja sama ini dapat terjalin eratnya hubungan kedua organisasi, serta mendorong terciptanya kreasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. “Terima kasih kepada Binus University dan saya berharap kerja sama yang telah terjalin dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi semua pihak,” tambah Profesor. Saya Nengah Dasi Astawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *