Pembukaan PON 2024 Wilayah Sumut Berlangsung di Stadion Baharuddin Deli Serdang

Dili Serdang, VIVA – Pemerintah Daerah Kabupaten Dili Serdang (BIMKAP) sedang mempersiapkan upacara pembukaan sidang ke-21. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Wilayah Sumut akan digelar di Stadion Bahruddin, Lubok Bakam, Kecamatan Delicerdang, pada Senin, 9 September 2024.

Pada hari yang sama akan dilangsungkan upacara pembukaan PON 2024 di Provinsi Aceh yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri ribuan orang setiap empat tahun sekali.

Persiapan pembukaan PON dibahas dalam rapat persiapan pendukung kirab obor dan upacara pembukaan PON XXI 2024 di Kabupaten Deli Serdang di Aula Cendana, Kantor Bupati Deli Serdang, Senin, 26 Agustus 2024.

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Deli Serdang, Citra Effendi Capah MSP menjelaskan, PON sedianya dibuka pada Minggu, 8 September 2024. Namun karena satu dan lain hal, pembukaan PON diundur satu hari. hingga Senin, 9 September 2024.

“Pemerintah Perwalian dan masyarakat Deli Serdang berterima kasih atas kepercayaannya kepada kami sebagai tempat pembukaan PON XXI di Sumut,” kata Plt Sekdaprov.

Dengan ditunjuknya Deli Serdang sebagai tuan rumah pembukaan PON, maka seluruh peserta dituntut untuk melakukan persiapan matang di segala bidang agar pelaksanaannya berjalan baik dan lancar.

“Kami berharap para pemangku kepentingan di Deli Serdang baik pemerintah, TNI/Polri, masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat dapat mensukseskan acara ini,” kata Citra.

Pj Sekda mengajak semua pihak menunjukkan kesiapan Deliserdang dan pemangku kepentingan mampu menyelenggarakan event nasional. 

“Tunjukkan Deli Serdang ramah terhadap tamu yang datang dari luar Deli Serdang dan Sumut, agar mereka betah dan bahagia serta mendapat kesan berada di kawasan ini,” kata Citra.

Sementara itu, Kepala Kementerian Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Budporapar) Ismail SSTP MSP mengklarifikasi, Kirab Obor (Pemkab) Pemprov Deli Serdang bukan penyelenggara PON karena Panitia Besarnya adalah Provinsi Utara. Pemerintah Sumatera (Pembrovso).

Namun pembukaan dan venue PON XXI di Sumut sebagian besar berlangsung di Kabupaten Deli Serdang. 

Setidaknya ada 23 cabang olahraga yang akan digunakan pada ajang tersebut, antara lain Stadion Astaka, GOR Sumut, dan fasilitas Kabupaten Dilli Serdang lainnya seperti Lapangan Bo (Stadion Ganda) dan GOR Lubok Bakam (Gore).

“Tentu saja peristiwa ini merupakan momen bersejarah dan sangat perlu kita manfaatkan dan sukseskan. Sumut menjadi tuan rumah pertama pada tahun 1953, 70 tahun yang lalu. Mari kita sambut dan sukseskan, sama seperti kita sebagai masyarakat. Deli Serdang, akan meninggalkan kesan yang baik bagi masyarakatnya,” kata Kepala Budburapar. “Tamu yang datang dan menunjukkan bahwa daerah ini hebat.”

Kirab obor PON akan dilaksanakan secara Marathon di Distrik Derry mulai 1 September 2024. Kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Carrow dan seterusnya, kata Bupati Budburabar. 

Dari Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), obor Api PON dibawa oleh tim Panitia Besar (PB) PON. Nantinya PB PON akan menyerahkannya kepada pejabat pemerintah di Kabupaten Deli Serdang.

Kirab obor PON akan melewati 18 kabupaten/kota. Pada tanggal 8 September 2024 Anda akan tiba di Lubbock Buckham City tepatnya di Lubbock Buckham Toll Plaza.

Dari Lapangan Luboc-Bacam, penyerahan obor PON akan dibawa oleh pejabat yang ditunjuk panitia yakni 21 atlet yang disiapkan Panitia Besar (PB) PON, serta unsur TNI dan Polri masing-masing 50 orang.

“Kami berharap ini menjadi momen bersejarah dalam perjalanan dari meja resepsionis di Gerbang Lubok Bakam menuju Alun-Alun Pemkab Deli Serdang. Di alun-alun akan diadakan upacara penyerahan obor PON dan sampai jumpa nanti paloh.” Pintu tol tersebut akan dibuka di Kemiri, tepat di depan Rumah Sakit Umum (“RSU) GrandMed. “Kami berharap dapat menghidupkan kembali penyambutan obor PON di sepanjang jalur tersebut,” kata Kapolsek Budburabar.

Rapat tersebut juga dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para ketua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, perwakilan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Deli Serdang dan pemangku kepentingan terkait lainnya. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *