Ayu Ting Ting Singgung Dana Darurat, Apa Manfaatnya bagi Kondisi Keuangan?

Jakarta, VIVA – Ayu Ting Ting kembali menjadi sorotan netizen setelah ia berbagi di Instagram bahwa dana darurat yang dengan susah payah ia kumpulkan untuk menghadapi situasi tak terduga ternyata digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Capek harus nabung dana darurat, setiap hari darurat,” kata Ayu Ting Ting dalam berita VIVA (13/8/2024).

Video unggahan Ayu Ting Ting itu menuai beragam reaksi warganet hingga terlihat seperti pertarungan nahas. Menurut salah satu dari mereka, bagaimana tidak, cincin dan jam tangan yang dikenakan Ayu Ting Ting mampu menopang hidupnya selama setahun. 

Seorang netizen menulis: “Harga cincin dan jam tangan saja bisa menutupi hidupku selama setahun.” 

Banyak penasihat keuangan yang menganjurkan agar setiap orang dan keluarga memiliki dana darurat, khususnya tabungan yang sengaja disiapkan untuk mengantisipasi situasi yang tidak terduga tanpa menimbulkan ketidakstabilan perekonomian. 

Menurut American Bank of Commerce, membangun dana darurat pribadi sangat penting untuk mengamankan masa depan keuangan Anda. Lalu apa saja manfaat dana darurat? Simak ulasan berikut ini.

1. Menjaga stabilitas keuangan

Dana darurat membantu menjaga stabilitas keuangan secara keseluruhan. Dana ini berfungsi sebagai bantalan keuangan untuk memastikan tidak terjadi efek domino, yaitu kejadian tidak terduga yang dapat menimbulkan masalah keuangan lainnya. Jadi, Anda tetap bisa menjalankan rencana keuangan jangka panjang untuk mencapai kebebasan finansial dan hidup sejahtera. 

2. Membawa ketenangan pikiran

Dana darurat memberikan ketenangan pikiran dengan menghindari tekanan ketidakpastian keuangan. Pengeluaran yang tidak terduga dapat menimbulkan kecemasan. Sedangkan jika Anda memiliki dana darurat, Anda akan merasa lebih aman karena memiliki “jaring pengaman”. Di masa-masa sulit, Anda akan lebih tenang dan fokus.

3. Hindari hutang

Tanpa dana darurat, Anda mungkin harus mengambil pinjaman berbunga tinggi untuk menutupi pengeluaran tak terduga. Hal ini dapat menyebabkan tekanan finansial jangka panjang. Meski uang yang dibayarkan untuk pembukaan tersebut bisa dialokasikan untuk tabungan atau peningkatan nilai investasi. 

4. Hindari pengeluaran impulsif

Ketika Anda memiliki dana darurat, kecil kemungkinan Anda akan secara impulsif membelanjakan penghasilan bulanan Anda untuk hal-hal yang tidak penting. Orang-orang yang memiliki dana darurat sering kali sudah memiliki perhitungan untuk semua “barang” keuangan mereka. Artinya, dana darurat bertindak sebagai penghalang finansial untuk mengingatkan Anda agar membelanjakan uang Anda dengan bijak.

5. Terbukanya peluang

Dana darurat dapat digunakan sebagai modal awal untuk memulai bisnis baru, mengikuti pelatihan, atau mengejar peluang investasi yang menarik. Selain sebagai asuransi finansial, juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan agar keadaan perekonomian Anda lebih sehat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *