Potensi Kekayaan Alam Khas Bali Hadirkan Inovasi Produk Olahan Anggur Berkelas Dunia

Bali, VIVA – Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yang kaya, mempunyai warisan budaya yang sangat kaya berupa hasil pertanian yang melimpah dan buah-buahan terbaik. Keanekaragaman hayati tidak hanya menjadi kekuatan ekonomi, namun juga merupakan simbol jati diri bangsa yang diakui dunia.

Selain itu, Indonesia kaya akan berbagai jenis buah-buahan dengan rasa dan kualitas yang dapat dikenali. Inovasi industri olahan buah juga diterapkan pada produk anggur di Pulau Dewata Bali.

Hatten Wines, kilang anggur pertama dan tertua di Bali, dengan bangga merayakan hari jadinya yang ke-30, menandai tiga dekade dedikasinya terhadap kualitas dan inovasi dalam industri anggur.

Sejak didirikan pada tahun 1994, Hatten Wines telah mengembangkan tradisi pembuatan anggur yang unik, menggunakan varietas anggur internasional dan warisan yang ditanam di kebun anggur khas pulau di Bali.

Saat ini, kilang anggur tersebut merupakan pemimpin di pasar lokal dan merupakan merek anggur Indonesia yang disegani di komunitas anggur dunia. Mari kita gulir terus seluruh artikel di bawah ini.

Kualitas dan inovasi yang menjadi warisan

Hatten Wines memulai perjalanannya pada tahun 1994 melalui cabang PT Arpan Bali Utama, dan resmi mulai beroperasi di bawah PT Hatten Bali pada tahun 2000.

Bermula dari sebuah anggur rosé yang dihasilkan dari varietas anggur asli Bali, Alphonse Lavallée, kilang anggur ini telah berkembang pesat.

Hatten Wines saat ini mengelola sekitar 60 hektar kebun anggur di Singaraja, Bali, memproduksi berbagai macam anggur yang mencerminkan keunikan terroir pulau Bali.

Portofolio produk kilang anggur ini telah berkembang selama bertahun-tahun hingga mencakup tiga merek berbeda: Hatten Wines, TWO Islands dan TWO Islands Reserve, serta Dragonfly Wines.

Bersama-sama, ketiga merek ini menawarkan 30 jenis anggur (Hatten Wines memiliki 13, TWO Islands memiliki 11, TWO Islands Reserve memiliki 4 dan Dragonfly Wines memiliki 2), dan masih banyak lagi yang akan segera hadir, termasuk TWO Islands Prosecco yang terkenal. Peluncuran yang telah lama ditunggu-tunggu akan dilakukan pada Oktober 2024.

Pada 10 Januari 2023, Hatten Wines mencapai tonggak penting dengan menyelesaikan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia, diperdagangkan dengan simbol ‘WINE’.

Pencapaian ini menegaskan kesuksesan berkelanjutan perusahaan dan ambisinya untuk memperluas jangkauan dan pengaruhnya di dunia anggur berkualitas.

Hatten Wines, yang diperdagangkan dengan simbol ‘WINE’, terus menunjukkan hasil keuangan yang menjanjikan di pasar saham. Saham perusahaan ini saat ini diperdagangkan dengan rasio price-to-earnings (P/E) sebesar 19,03x dan rasio price-to-book (P/B) sebesar 2,90x.

Perseroan melaporkan laba bersih sebesar Rp 27 miliar pada semester I-2024, meningkat signifikan sebesar 19,5% dibandingkan periode yang sama tahun 2023.

Selain itu, pendapatan perseroan meningkat pada kuartal I-2024 dengan melaporkan laba sebesar Rp14,8 miliar, mencerminkan peningkatan quarter-on-quarter (QoQ) sebesar 19,8%.

Pertumbuhan ekonomi ini didukung oleh posisi strategis perseroan di pasar dan pulihnya industri pariwisata di Bali.

Selain itu, Hatten Wines bangga diakui sebagai Mitra Cobranding oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, mengukuhkan statusnya sebagai merek lokal autentik yang aktif berkolaborasi dengan Kementerian untuk mengangkat merek lokal Indonesia ke kancah internasional.

Selama tiga dekade terakhir, Hatten Wines telah menerima berbagai penghargaan internasional, termasuk dinobatkan sebagai Winery of the Year 2017 oleh Asian Wine Review, yang merupakan yang terbaik dari lebih dari 300 wine dari lebih dari 100 kilang wine di sembilan negara Asia.

Penghargaan Winery of the Year diberikan kepada produsen wine yang secara konsisten unggul dalam proses pembuatan wine dan profil rasa.

Selain itu, Hatten Wines juga dianugerahi Best Trophy Winner oleh Asian Wine Review, mengukuhkan statusnya sebagai produsen wine terkemuka di Asia.

Asian Wine Review, yang diterbitkan oleh The Flying Winemaker Hong Kong, menilai melalui “Blind Wine Tastings”, memastikan bahwa wine dinilai secara adil.

“Terletak di antara desa Seririt dan Sanggalangit di pantai utara Bali yang indah, kebun anggur kami merupakan jantung dari penelitian dan pengembangan pemeliharaan anggur kami yang ekstensif,” kata Ida Bagus Rai Budarsa, pendiri dan CEO Hatten Wines.

Ida Bagus Rai Budarsa, yang dinobatkan sebagai South East Asia Wine Pioneer Award 2011 dan Bali’s Best Hospitality Manager 2024, menambahkan: “Kami menanam beragam jenis anggur di sini, mulai dari Muscat St. Vallier Bali hingga varietas internasional seperti Syrah, Chenin Blanc, dan beberapa lainnya, bekerja sama dengan petani lokal. Gambar ini menunjukkan pertumbuhan dinamis dan dedikasi yang mendefinisikan komitmen kami terhadap keunggulan dalam pembuatan anggur.

Pendidikan ahli anggur generasi berikutnya

Selain produksi anggurnya, Hatten Wines juga berkomitmen terhadap pendidikan melalui Pusat Pendidikan Hatten. Didirikan pada tahun 2016 di The Cellardoor di Sanur, Bali, pusat ini adalah institusi pertama di Indonesia yang ditunjuk sebagai penyedia program terakreditasi oleh Wine & Spirit Education Trust (WSET).

Penunjukan bergengsi ini memungkinkan Hatten Wines menawarkan program pendidikan wine dan minuman beralkohol yang diakui secara internasional, mempromosikan pengetahuan dan keahlian bagi para penggemar dan profesional wine.

Saat merayakan hari jadinya yang ke-30, Hatten Wines tetap fokus pada inovasi dan ekspansi. Dengan rencana untuk memperkenalkan varietas anggur baru dan metode penanaman di kebun anggurnya, Hatten Wines siap untuk melanjutkan peran perintisnya dalam pembuatan anggur di Indonesia.

Peluncuran TWO Islands Prosecco yang akan datang adalah salah satu contoh perkembangan menarik yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *