Inilah yang Terjadi Pada Ibu dan Janin Saat Trimester Ketiga Kehamilan

Jakarta, VIVA – Trimester ketiga merupakan fase kehamilan saat Anda mencapai usia 28-42 minggu. Sebelum mencapai trimester ketiga, ada pula trimester pertama dan kedua yang masing-masing mengalami perubahan yang cukup signifikan dalam proses perkembangan janin di dalam kandungan.

Pada trimester ketiga, organ-organ janin biasanya sudah mulai terbentuk sempurna, sehingga Anda tinggal menunggu kelahirannya saja. Biasanya pada masa ini akan terjadi optimalisasi pertumbuhan bayi, terutama dari segi berat badan. Sedangkan proses pembentukan organ terjadi pada trimester pertama dan kedua.

“Pada trimester ketiga tinggal mengoptimalkan tumbuh kembang dan berat badan serta mempersiapkan kelahiran. Jadi kalau pembentukan organ terjadi pada trimester pertama, maka pada trimester kedua kurang lebih sudah optimal, pada trimester ketiga baru ada. menunggu sampai selesai. Jadi baru berat badannya yang optimal,” kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr. Versi yang lebih baik Paniroi, Sp. OG, Subsp. K.Fm, rapat di Jakarta, Selasa 27.08.2024.

Pada fase ini biasanya bidan fokus mengoptimalkan posisi janin yang siap dilahirkan. Sedangkan penyakit dan masalah tumbuh kembang janin baru terdiagnosis sejak trimester pertama dan kedua.

Meski ibu hamil trimester ketiga tinggal menunggu waktu melahirkan, namun ada beberapa hal penting yang tidak boleh dianggap remeh, yaitu makanan yang harus dikonsumsi setiap hari dan pantangan yang harus dihindari.

Dari segi nutrisi sebenarnya pada trimester ketiga ini tidak jauh berbeda dengan 2 trimester sebelumnya, seperti pemberian vitamin, protein, mineral, lemak dan kebutuhan lainnya. Hanya saja pada trimester ketiga biasanya jumlah yang perlu dikonsumsi bertambah untuk memperlancar proses melahirkan.

Komposisinya sama, mungkin jumlahnya berbeda. Komposisinya kembali ke protein, lemak baik, vitamin dan mineral, sama saja. Mungkin jumlahnya disesuaikan. Jadi dari segi komposisinya tidak jauh berbeda, tapi jumlahnya. berbeda. Dokter menjelaskan lebih baik.

Di sisi lain, ada juga pantangan yang sebaiknya dihindari ibu hamil pada trimester ketiga, seperti tidak mengonsumsi makanan kaya gula, tepung, dan makanan olahan.

“Batasi asupan gula dan tepung karena ini adalah cara terbaik untuk mencegah nutrisi mudah diserap. Perbanyak protein alami atau makanan asli agar tetap terlihat asli saat dimasak,” ujar Doctor Better.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *