Dieng Culture Festival 2024, Perjalanan Budaya di Negeri Atas Awan

Dieng, VIVA – Dieng Cultural Festival (DCF) merupakan salah satu acara yang paling dinantikan di Indonesia setiap tahunnya, terutama bagi pecinta budaya dan wisata alam. Festival yang berlangsung di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah ini menawarkan perpaduan unik antara keindahan alam pegunungan, sejuknya suhu khas dataran tinggi, dan kekayaan budaya masyarakat setempat.

Tahun ini, DCF 2024 mengusung tema “Return to Journey” untuk mengajak pengunjung melakukan perjalanan menelusuri sejarah dan budaya masyarakat Dieng. Tema ini mencerminkan upaya pelestarian dan pengembangan warisan budaya yang diwariskan secara turun temurun.

Konsep festival ini adalah melibatkan masyarakat secara aktif, baik sebagai pengisi acara maupun penonton. Yuk lanjutkan membaca artikel selengkapnya di bawah ini.

Berbagai kegiatan dan pertunjukan budaya dan seni diselenggarakan, mulai dari musik tradisional hingga tarian dan upacara. Selain itu, juga terdapat berbagai pameran kerajinan tangan, makanan tradisional, dan produk UMKM lokal.

Dalam pelaksanaannya, DFC 2024 melibatkan masyarakat lokal dan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melakukan kegiatan sosial di kawasan Dieng berupa pembersihan mulai dari jalan-jalan kota, tempat wisata hingga kawasan DCF. acara tahun 2024.

DCF 2024 juga dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian tradisional, sendratari, Jamasan dan Ruwat Anak Rambut Gembel, Festival Domba Batur, dan Budaya Kongkow.

Pada edisi kali ini juga ada acara puncak yaitu Jazz Di Atas Awan di Lapangan Pandawa. Dikta dan Danilla Riyadi merupakan bintang tamu tersembunyi yang tampil di hadapan ribuan pengunjung.

Penonton pun menikmati hiburan yang diberikan oleh Novia Bachmid dan Alffy Rev. Bertepatan dengan acara ini juga diadakan Festival Lampion di Lapangan Pandawa.

Sedikitnya 15.000 lampion dikirimkan oleh pengunjung dan seniman yang hadir.

Untuk ke-14 kalinya, DCF 2024 kembali masuk dalam salah satu dari 10 besar kegiatan Karisma Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sebuah program strategis Kemenparekraf dalam mempromosikan destinasi wisata melalui kegiatan (kegiatan) yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan mendorong wisatawan nusantara untuk berwisata ke Indonesia.

Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Perencanaan Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu menyampaikan apresiasinya terhadap gelaran Festival Budaya Dieng. DFC 2024, lanjut Vinsensius Jemadu, menjadi salah satu ajang terbaik karena diselenggarakan oleh para profesional yang ahli di bidangnya.

“Kami berharap Dieng Cultural Festival dapat menjadi event internasional yang terus mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” imbuhnya.

Sejak didirikan, DCF telah berkembang pesat dan menjadi salah satu festival budaya terbesar di Indonesia.

Setiap tahun, jumlah pengunjung meningkat dan berbagai acara budaya menjadi semakin menarik. Selain untuk mempromosikan pariwisata, DCF bertujuan untuk mengembangkan warisan budaya masyarakat.

Dieng melalui pameran seni, upacara adat dan aktor-aktor cantik. Selain keindahan alam Dieng, DCF menawarkan pengalaman berbeda kepada pengunjungnya. Tentang acara Karisma Nusantara 2024.

Sebagai program strategis untuk mendukung dan mengembangkan event di seluruh Indonesia, Karisma Event Nusantara “KEN” mempunyai visi untuk menjadikan event tersebut sebagai daya tarik wisata di Indonesia.

Salah satu strategi untuk mewujudkan visi tersebut adalah kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dengan daerah untuk menyelenggarakan event-event yang berkualitas.

Karisma Event Nusantara 2024 mencakup 110 event pariwisata dan ekonomi kreatif yang diselenggarakan di 38 provinsi di Indonesia. Proses evaluasi disusun pada lima (5) bidang, yaitu: (1) aspek konsep dan inovasi, (2) strategi pemasaran dan komunikasi, (3) aspek manajemen kinerja, (4)) aspek pengelolaan keuangan dan ( 5) aspek analisis dampak.

Tentang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Didorong oleh visi menjadikan Indonesia sebagai destinasi pariwisata terkemuka di dunia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia membuat kemajuan di segala bidang untuk pengembangan lebih lanjut pariwisata dan industri kreatif di Indonesia .

Strategi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah dengan mengembangkan sektor pariwisata dan perdagangan nasional dengan orientasi pasar internasional dan memperkuat kapasitas pemangku kepentingan pariwisata mengembangkan ekonomi kreatif. produk sehingga dapat berfungsi. menjadi kompetitif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *