Naik Kelas dengan Honda Vario 160: Fitur Canggih untuk Pengalaman Berkendara Maksimal

Jakarta, VIVA  –  Perjalanan panjang generasi Honda Vario tidak bisa dipungkiri. Dimulai pada tahun 2006 sebagai generasi pertama bermesin 110cc, kini Honda telah mencapai generasi terbaru atau generasi keenam dengan lahirnya Vario 160.

Tak bisa dimungkiri, Honda menjadi pabrikan sepeda motor otonom yang dominan dijual di Indonesia. Oleh karena itu, mereka terus berinovasi untuk menawarkan produk terbaiknya. Sejatinya kedatangan Vari 160 merupakan respon terhadap kompetitornya, pabrikan Yamaha.

Jarak antara Vario 150 dan Vario 160 tidak terlalu jauh. Hanya dalam kurun waktu 3 tahun, Honda meluncurkan produk dengan mesin baru 160 cc, hal itu merupakan respon dari Yamaha Aerox yang sudah memiliki mesin 155 cc pada New Honda Vario 160.

Menarik tentunya menarik untuk membahas pembaruan All New Honda Vario 160 di tahun 2024 ini. Bahkan pihak pabrikan menyebut di setiap generasinya Vario terus memberikan keunggulan serta hadirnya fungsionalitas dan fitur baru yang lebih banyak.

Lalu apa saja yang baru dari New Honda Vario 160? Berikut beberapa ubahan yang membuat motor ini semakin modern, antara lain: 1. Dimensi lebih besar

Perbedaan paling mencolok pada tampilan Honda Vario 160 adalah dimensinya yang bertambah. Dari segi dimensi, model Honda Vario 160 lebih besar dibandingkan generasi Vario 150.

Pabrikan Honda sangat memperhitungkan dimensi besarnya. Pasalnya Honda Vario 160 anyar ini memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Beginilah cara tubuh beradaptasi dengan performa mesin.

Terdapat beberapa perubahan pada dimensi Honda Vario 160 dibandingkan generasi sebelumnya yaitu panjang Vario 150 seri 1919 mm, kini 1929 mm, lebar 679 mm, dan tinggi Vario 150. Bertambah sebesar 1.062, sekarang menjadi 1.088 mm.

Oleh karena itu, tinggi Honda Vario 160 mengalami peningkatan, apalagi ukuran ban yang digunakan kini lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Jadi secara keseluruhan, Vario 160 meningkatkan dimensi tingginya secara signifikan. Gunakan sistem eSAF baru

Perubahan lain yang membuat Honda Vario 160 semakin modern adalah teknologi rangka baru. Rangka Honda Vario 160 menggunakan platform baru yakni eSAF yang sebelumnya dipasang pada Honda BeAT, Honda Scoopy, dan Honda Genio.

Jadi frame ini lebih ringan sekitar 1,1 kg dari ukuran frame sebelumnya. Tentu saja untuk meningkatkan kestabilan dan tenaga sepeda motor. Jadi dalam hal ini sasis saat ini tidak berbentuk tabung tetapi digunakan dengan pelat las laser.

Keuntungan lainnya adalah penggunaan eSAF pada platform memastikan kekuatan dan daya tahan yang baik. Rangka ini tahan terhadap benturan atau tekukan jika terjadi benturan saat berkendara ekstrim.3. Mesin eSP+ 4 katup sama dengan Honda PCX 160

Salah satu fitur penting pada Honda Vario 160 adalah penggunaan mesin baru, sehingga seri Vario menggunakan nomor 160 yang sama dengan Honda PCX 160. Tentu saja kedua produk tersebut menggunakan mesin yang sama, yakni 4 dalam bentuk eSP+. Konfigurasi katup.

Nah, awalnya model Honda Vario 150 masih eSP biasa dengan 2 katup. Bahkan kapasitas mesinnya pun ditingkatkan dari semula 149,3 cc menjadi 156,9 cc. Ini memiliki SOHC dan pendingin cair di dalamnya. Seiring bertambahnya perpindahan, tenaga meningkat sebesar 2,3 hp, dari 13,1 hp menjadi 15,4 hp. Di sisi lain, torsinya tak beranjak dari 13,4 menjadi 13,8 Nm.4. Honda Vario 160 dengan rem cakram belakang

Keistimewaan lain dari Vario 160 adalah hadirnya rem cakram pada roda belakang. Awalnya Vario 150 tidak memiliki sistem pengereman tersebut. Hal ini diyakini karena banyaknya permintaan pelanggan Honda Vario yang membutuhkan rem cakram belakang.

Tentunya hal ini dapat bekerja dengan baik dan menghindari kebisingan. Fitur-fitur baru pada Vario ini akan semakin meningkatkan nilai estetika motor ini. Karena penggunaan cakram belakang sepeda motor matic saat ini masih jarang.5. Gunakan ban karet untuk stabilitas

Ban yang digunakan pada Honda Vario 160 berukuran besar dan lebar. Tujuannya agar menyamai bodi lebih besar dan performa mesin lebih bertenaga. Dengan kaki-kaki yang besar dan kuat tersebut, Vario 160 menjamin kestabilan saat mengendarai sepeda motor.

Ukuran ban juga bertambah signifikan, dari 90/80 menjadi 100/80 hanya untuk roda depan. Sedangkan ban belakang berkisar antara 100/80 hingga 120/70. Hasilnya, ban baru bisa menutupi pelek Y yang dicat hitam-cokelat dan hitam, tergantung modelnya. Honda Vario 160 dilengkapi dengan sistem ABS

Teknologi pengereman baru disematkan pada Vario 160. Pada Vario 160 termahal, motor ini menggunakan teknologi anti-lock brake system (ABS) yang terintegrasi pada cakram depan.

Anda perlu menyiapkan Rp 28,5 juta untuk harga premium ini. Menggabungkan fitur dan teknologi yang ditingkatkan, Honda Vario 160 menawarkan tampilan yang stylish dengan tampilan sporty.

Sedangkan versi CBS ini masih menggunakan rem tromol belakang. Harganya sudah berubah, namun harga tetap murah bagi yang menginginkan Honda Vario 160 namun tidak membutuhkan ABS.7. Fitur lengkap dan canggih

A. Port pengisian daya USB, tidak memerlukan adaptor

Fitur tambahan lain yang sebelumnya hilang pada Vario 150 adalah fungsi smartcharging. Tentu saja, dalam hal ini yang dimaksud adalah port USB Tipe A, bukan pemantik rokok. Jadi pengguna sepeda motor tidak perlu menyiapkan adaptor lain. Bawalah kabel pengisi daya dan Anda akan baik-baik saja.

B. Spion dan spatbor depan seperti sepeda sport

Detail lainnya diubah, desain spion juga berbeda sehingga mirip dengan yang dipasang pada Honda PCX 160. Jika dicermati, desain knalpot dan kap mesin juga berbeda.

C. Fascia menggunakan DRL baru

Bagian depan Honda Vario 160 sungguh memanjakan mata. Pasalnya, masih mempertahankan lampu depan kembar tajam atau twin LED headlight, dan juga terdapat Daytime Running Light (DRL) yang menjadi ciri khas mobil mewah modern.

Karena ini bukan strip LED biasa, desainnya sebenarnya seperti lampu alis lampu depan, kemudian bagian ini dipotong dari panel depan dan memanjang dari rumah sinyal kembali ke sepeda motor.

D. Desain punggung yang indah

Selain bagian depan, tampilan belakang Honda Vario 160 juga menarik, tampilannya lebih bagus dibandingkan Honda Vario 150. Desain rumah lampunya menggunakan garis lurus dan ukurannya sangat kecil.

Perbedaan signifikan lainnya adalah posisi bola depan Honda Vario 160 yang berada di dekat bagian atas ban depan sebagai bekisting motor sport.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *