Khabib Nurmagomedov Bakal ke Jakarta Oktober Mendatang

JAKARTA, VIVA – Mantan petarung UFC Khabib Nurmagomedov mengumumkan akan menggelar fanmeeting di Jakarta pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Selain berangkat ke Jakarta, Khabib akan menyapa para penggemarnya di Kuala Lumpur, Malaysia pada Minggu, 29 September 2024.

Kabib mengunggah hal tersebut di Instagram pribadinya pada Rabu sore, 28 Agustus 2024.

“Assalamualaikum untuk para penggemarku di Indonesia dan Malaysia. Dengan senang hati aku mengumumkan bahwa kita akan segera bertemu,” tulis Kabib.

Kabib diperkirakan akan berkunjung ke Indonesia dan mendapat respon baik dari para penggemar di Indonesia. Di kolom komentar, banyak penggemar yang mengaku tak sabar bertemu idolanya.

“Walaikumsalam Bang Kabib mantap akhirnya hadir di Indonesia,” komentar salah satu warganet. “Walaikum salaam mang kabeeb aku tunggu,” sahut netizen lainnya.

Kabib memasuki dunia MMA profesional pada tahun 2008. Berbekal teknik grappling yang kuat dipadukan dengan teknik grappling dan kekuatan yang luar biasa, Kabib mampu memenangkan setiap pertarungan.

Pertarungan terbesar Khabib adalah melawan Conor McGregor di UFC 229 pada 6 Oktober 2018.

Pertandingan tersebut ditonton oleh lebih dari 2,4 juta penonton. Angka ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah.

Pertarungan antara Khabib dan McGregor berlangsung spektakuler. McGregor secara terbuka menunjukkan ketidaksukaannya terhadap Khabib, yang menurutnya akan merebut tempatnya sebagai juara.

Dijuluki The Notorious, McGregor menjadi juara kelas ringan UFC pada tahun 2016. Namun, petarung asal Irlandia itu tidak pernah kehilangan gelarnya karena kekalahan tersebut.

UFC memutuskan untuk mengosongkan gelarnya karena tidak aktif berkompetisi dan lebih memilih pertarungan tinju dengan Floyd Mayweather Jr pada tahun 2017.

Terakhir, pada awal 7 April 2018, Khabib menjadi juara baru setelah mengalahkan Al Iquinta dalam perebutan gelar kosong di UFC 223.

Jelang UFC 223, McGregor dan timnya langsung melakukan aksi dan menimbulkan kericuhan. Mereka menyerang sebuah bus yang membawa beberapa militan, salah satunya adalah Kabib.

Ketegangan meningkat menjelang UFC 229. McGregor melancarkan serangan verbal terhadap latar belakang, keluarga, dan agama Khabib selama perang psikologis yang dialaminya.

Kabib yang kurang pandai perang kata-kata, membalasnya dengan pertarungan sesungguhnya pada 6 Oktober 2018, hari yang sudah tercatat dalam sejarah hingga saat ini.

Julukan Khabib, Elang, berhasil memenangi dua ronde pertama. Meski sempat terjatuh di ronde ketiga, Khabib akhirnya menyudahi perlawanan McGregor di ronde keempat dengan kuncian leher.

Kabib mendominasi McGregor dengan serangan ground-and-pound yang kejam, membutuhkan lebih dari 12 menit untuk mendominasi The Notorious. Setelah pertarungan usai, Kabib masih belum puas dan melanjutkan aksinya.

Khabib melompati pagar dan menyerang rekan setim McGregor, Dylan Dennis yang berada di antara penonton. McGregor yang masih berada di oktagon pun diserang oleh teman-teman Khabib.

Khabib memutuskan pensiun setelah mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254 pada Oktober 2020. Keputusan itu dipertanyakan secara luas karena Khabib sedang dalam masa emasnya saat itu.

Diketahui, keputusan tersebut diambil Khabib akibat meninggalnya ayah pelatihnya, Abdulmanap Nurmagomedov. Keputusan pensiun tersebut juga tak lepas dari janji Khabib kepada ibu dan ayahnya untuk tidak menemaninya melanjutkan pertandingan.

Khabib mengakhiri karirnya dengan rekor sempurna sebagai petarung, tak terkalahkan dengan skor 29-0. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *