Sebelum Kenal Panjat Tebing, Veddriq Leonardo Ingin Jadi Atlet Bulutangkis

Jakarta, VIVA – Peraih medali emas Olimpiade 2024 Vedrik Leonardo angkat bicara soal olahraga yang pertama kali dilihatnya. Ternyata cita-cita awal Veddriq bukanlah menjadi seorang pendaki.

Dua olahraga yang dipikirkan Vendrick adalah bulu tangkis dan sepak bola. Ngomong-ngomong, kedua olahraga ini lebih populer di Indonesia.

“Waktu kecil suka main bulutangkis dan sepak bola, jadi pengen banget jadi pemain bulutangkis atau sepak bola,” kata Vendric dalam Talkshow Demi Indonesia Satu di Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2024.

Terobosan panjat tebing yang dilakukan Veddriq adalah pada Asian Games 20218 yang digelar di Jakarta dan Palembang. Kemudian olahraga ini mulai stabil.

Vedrick menceritakan awal mula ia bertemu dengan pelatihnya saat ini, Hendra Bashir.

“Saya masih meniti karir di wilayah Kalimantan Barat, berlaga di tingkat nasional di Yogya. Pelatnas di Asian Games juga di Yogya. Dinamika itulah yang mempertemukan saya dengan pelatih, pada akhirnya saya diundang khusus untuk mengikuti pelatnas Asian Games,” jelas Vedrick.

Veddriq pun mengakui sulitnya pendakian. Sebab olahraga ini belum populer di Indonesia saat itu.

“Saya pertama kali memulai olahraga ini, belum populer, apalagi di tempat kelahiran saya di Pontianak, tidak banyak orang yang mengetahuinya. Ketika mulai berkembang, itu menjadi peluang bagi saya,” ujarnya.

Keputusan Veddriq untuk naik ternyata merupakan keputusan yang tepat. Ia sukses mengantarkan medali emas bagi Indonesia di Olimpiade 2024 kategori sprint putra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *