Bali Jadi Surga UMKM: 5 Tahun Terus Meroket, Apa Rahasianya?

Bali, VIVA – Sektor UMKM memberikan kontribusi besar terhadap PDB Indonesia, lebih dari 60 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Bali pada triwulan III tahun 2023 tumbuh sebesar 5,35 persen (year-on-year). Pertumbuhan ini didukung oleh kontribusi UMKM lokal.

Pemprov Bali juga mencatat, jumlah UMKM di Bali meningkat pesat dalam lima tahun terakhir, yaitu lebih dari 13.000 UMKM pada tahun 2019, dan kemudian meningkat lebih dari 443.000 UMKM pada tahun 2023.

Berdasarkan survei MetrixLab pada tahun 2024, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia juga akan menarik lebih banyak pengguna lokal. Tercatat 79 persen pengguna Tokopedia berencana lebih banyak berbelanja melalui ShopTokopedia dan 77 persen pengguna ShopTokopedia berencana lebih banyak berbelanja melalui Tokopedia.

Pasalnya, pengguna ingin merasakan berbagai fitur inovatif serta pengalaman baru dalam berbelanja online.

Hal tersebut diungkapkan Senior Communications Officer Tokopedia dan ShopTokopedia Rizky Juanita Azuz saat acara Workshop Media Tokopedia dan ShopTokopedia bersama UMKM Bali di Denpasar pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Dengan besarnya potensi UMKM Bali, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya agar para pelaku usaha Indonesia dapat memulai dan membangun bisnis melalui platform Tokopedia dan ShopTokopedia.

“Dengan terus mendukung para pelaku usaha di Indonesia, termasuk di Bali, kami berharap dapat semakin memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai produk yang dibutuhkan, sehingga ekonomi digital Bali menjangkau Indonesia,” kata Rizky Juanita Azuz.

Selama 15 tahun, bersama mitra strategis, Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberdayakan para pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM termasuk kategori kecantikan dan perawatan diri melalui berbagai upaya dan dukungan.

“Saat ini terdapat jutaan penjual dari berbagai kategori di Tokopedia dan ShopTokopedia yang sebagian besar adalah UMKM, termasuk Bali,” ujarnya.

Upaya dan dukungan yang dilakukan Tokopedia dan ShopTokopedia antara lain kampanye Beli Lokal agar merek lokal menjadi pilihan terbaik masyarakat dan memperluas jangkauan penjualannya di Indonesia.

Festival Beli Lokal untuk mengapresiasi dan merayakan produk dan merek lokal berlangsung di Jakarta pada 24-25 Agustus 2024, serta kampanye khusus pada waktu-waktu khusus seperti Waktu Belanja Indonesia atau WIB yang berlangsung setiap periode pembayaran dan Waktu Indonesia Beli Lokal. dalam rangka WIB yang merupakan panggung khusus brand lokal.

“Ada juga promosi Shake di setiap double date dengan Flash Sale 95 berapa kali sehari, gratis ongkir dan berbagai promosi lainnya. Bagi pelaku usaha, ada dukungan yang ditawarkan Tokopedia untuk membantu pemesanan mulai dari resepsionis. kemasannya. , pengiriman ke kurir dan mengatasi kendala penjual dalam menjangkau pasar di luar kota atau pulau,” kata Rizky.

Tokopedia dan ShopTokopedia juga berkolaborasi dengan kementerian terkait dan pemerintah lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui fitur live shopping.

Fitur ini telah digunakan oleh banyak pemasar yang berhasil meningkatkan penjualannya berkali-kali lipat melalui live streaming 12-24 jam sehari.

“Tokopedia dan ShopTokopedia juga menjadi tuan rumah Host Academy dan Creators Lab untuk membantu masyarakat menjadi kreator konten kreatif, khususnya UMKM lokal dalam mempromosikan produk. Selama 2023-2024, para kreator konten telah membantu lebih dari 2.000 UMKM,” kata Rizky.

Denara Bali merupakan salah satu UMKM Bali kategori kecantikan dan perawatan diri yang juga berkontribusi terhadap perekonomian daerah. Dengan berjualan online dan menggunakan kampanye serta fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet Denara Bali bisa meningkat 3 kali lipat.

“Setelah mengikuti berbagai kampanye dan penggunaan fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet Denara Bali meningkat 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye dan fitur Tokopedia dan ShopTokopedia, yang berkontribusi sebesar 25% terhadap penjualan Denara Bali,” jelas CEO Denara. Bali Sathya Narayana.

Menurut Sathya, melalui Tokopedia dan ShopTokopedia, Denara Bali dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas di luar Pulau Bali. Beberapa produk terlaris Denara Bali antara lain sabun mandi badan, tangan dan badan, serta sabun berbahan alami

“Kami mendapat manfaat dari ShopTokopedia yang membangun tim pemasaran yang mencakup para pembuat konten yang fokus dalam menciptakan beragam konten menarik dan melihat berbagai tren,” jelasnya.

Bagi Sathya, kehadiran ShopTokopedia merupakan strategi penjualan apik yang memadukan tren masyarakat dengan tema dan identitas khusus Denara Bali, yang menghadirkan keselarasan antara keindahan alam dan rangkaian keindahan, memberikan sentuhan natural yang mengeluarkan pesona. keindahan. Pulau para dewa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *