Harga Rp17 Jutaan Motor Honda Ini Punya Konsumsi BBM 69 KM per Liter

VIVA – Sepeda motor Honda yang beredar di pasar global memiliki nama berbeda-beda, namun fiturnya hampir sama. Terutama di segmen jutaan orang, seperti model skuter atau moped di pasar Asia.

Di Indonesia misalnya, Honda punya sepeda motor termurah bernama Revo. Sementara itu, produk serupa juga ada di Filipina namun bernama Wave RSX yang ditawarkan dalam dua varian.

Honda Wave RSX tanpa rem cakram dibanderol 62.900 ribu peso atau Rp 17,215 juta dan varian cakram dibanderol 64,900 ribu peso atau Rp 17,766 juta. Sedangkan di Indonesia, Revo X dibanderol hanya Rp 16,535 juta.

Meski speknya lebih tinggi dibandingkan Revo

Apalagi perbedaan lain dari kedua motor beda negara ini adalah pada desain bodinya, untuk pasar Filipina lebih ramping dan simpel seperti Revo generasi sebelumnya.

Meski berada di platform yang sama, dimensi kedua moped ini sedikit berbeda. Wave RX memiliki panjang 1.922mm, lebar 698mm, dan tinggi 1.082mm, sedangkan Revo memiliki panjang 1.919mm, lebar 709mm, dan tinggi 1.080mm.

Karena struktur tubuh yang berbeda, wajar jika ada perbedaan ukuran. Namun jarak gardan depan-belakang tetap sama yaitu 1.277 mm, dengan tinggi jok 760 mm.

Di ranah rolling stock, ia memiliki velg berukuran 17 inci yang dibalut ban depan 70/90 dan ban belakang 80/90. Suspensi depan teleskopik dan belakang double shock absorber, dengan tinggi jok 760 mm.

Tidak ada fitur khusus pada motor bebek ini, ada lampu utama, lampu sein dan pengereman belakang, penutup rantai, speedometer tipe jarum manual, serta lubang kunci yang bisa ditutup.

Hal yang menarik dari motor bebek ini tentu saja pada mesinnya, pabrikan berlogo sayap mengepak ini membuatnya sangat irit.

Honda Wave RSX atau Revo mengusung mesin bensin satu silinder berkapasitas 109 cc dan diameter piston 50 mm, berpendingin udara SOHC 9.3 hingga kompresi satu ruang bakar.

Mesinnya dengan sistem injeksi PGM-FI mampu menghasilkan tenaga 8,6 hp pada 7.500 rpm dan torsi 8,7 Nm pada 6.000 rpm. Tenaganya disalurkan ke rantai roda belakang melalui transmisi manual 4 percepatan.

Menurut situs resmi Honda Filipina, motor bebek ini menjadi produk paling irit karena konsumsi bahan bakarnya mencapai 69,5 kmpl berdasarkan pengujian WMTC (World Motorcycle Test Cycle).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *