3 Manfaat Diraih dari Transformasi Digital

Jakarta, VIVA – Digitalisasi menjadi hal penting dalam mendukung perkembangan perusahaan, termasuk asuransi.

Sektor ini dapat mengoptimalkan efisiensi operasional perusahaan secara signifikan dengan menerapkan teknologi digital dalam pemrosesan klaim, pengelolaan polis, dan layanan pelanggan.

Perkembangan aplikasi digital, salah satu bidang pemanfaatan teknologi, mengubah cara konsumen mengakses layanan asuransi.

Ketersediaannya tidak hanya memberikan kemudahan bagi konsumen tetapi juga membantu perusahaan memperluas pangsa pasar secara lebih efektif.

Bank Indonesia (BI) melaporkan kinerja transaksi ekonomi dan keuangan digital tumbuh kuat karena didukung sistem pembayaran yang aman, lengkap, dan andal.

Pada Juni 2024, nilai transaksi uang elektronik meningkat 35,24 persen secara tahunan (YoY) menjadi Rp92,79 triliun, dan nilai transaksi perbankan digital meningkat 10,82 persen secara tahunan mencapai Rp5.570,49 triliun.

CEO BRI Life Aris Hartanto mengakui perseroan fokus pada kegunaan digital dengan terus melakukan inovasi dan optimalisasi teknologi untuk mendukung proses bisnis, termasuk penggunaan aplikasi untuk memberikan layanan.

“Kami terus memberikan layanan yang memudahkan integrasi nasabah kami di bidang inovasi digital. Kami juga berkolaborasi dengan BRI melalui aplikasi BRImo untuk meluncurkan produk Life Care & ACCI Care,” ujarnya

Aris mengatakan inovasi lainnya ada pada sisi layanan, dimana sebagian besar pelanggan sudah terlibat secara digital.

BRI Life mendapatkan tiga manfaat melalui transformasi digital: menjangkau nasabah yang jauh dari pusat kota, proses pengajuan dan biaya yang lebih efisien, serta customer experience.

Aris mengatakan, “Pelanggan akan mendapatkan manfaat dari layanan asuransi mulai dari akses informasi yang diperlukan, kemudahan pembelian produk, harga kompetitif dan kemudahan negosiasi kerusakan. Semua ini akan meningkatkan kepuasan mereka.”

Atas perubahan tersebut, BRI Life berhasil meraih penghargaan ‘Best Digital Finance 2024 Offering Optimum Solutions Through Digital Service Innovation’ Kategori ‘Asuransi Jiwa’ yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi.

“Penghargaan ini tentunya menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berkarya dan menjadikan kinerja lebih produktif dalam upaya memberikan kontribusi positif bagi Indonesia,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *