Resep Klepon Kenyal dan Manis Tanpa Ribet, Hasilnya Dijamin Lezat

VIVA, Jakarta – Klepon, jajanan pasar yang satu ini punya penggemarnya tersendiri. Kulitnya yang kenyal, isian gula merah manis yang lumer di mulut, dan rasa pandannya bikin ketagihan.

Meski banyak ditemui di pasar tradisional, membuat klepon di rumah tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan resep yang tepat, kamu bisa membuat klepon selezat makanan penutup penjualnya.

Berikut ini resep dan cara membuat Klepon Kenyal dan Manis dari Cookpad @nopialipaa_ yang mudah dibuat: Bahan-bahan:

1. 100 gram tepung ketan

2. 10 ml air daun pandan (bisa dicampur 5 lembar daun pandan lalu disaring)

3. 1/4 sendok teh garam

4. 50 ml air (secukupnya untuk menguleni adonan)

5. 50 gram gula merah, parut halus (untuk isian)

6. Tambahkan 50 gram kelapa parut dan sedikit garam, lalu kukus (untuk taburan).

1. Campur bahan: Pertama campurkan tepung ketan, air daun pandan dan garam dalam wadah. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan tidak lagi menempel di tangan.

2. Bentuk klepon : Ambil sedikit adonan lalu bentuk menjadi lingkaran sebesar kelereng. Buat lubang di tengahnya dengan jari lalu isi dengan parutan gula merah. Tutup kembali dan luncurkan dengan baik. Lakukan hingga adonan siap.

3. Masak klepon: Didihkan air dalam panci. Masukkan clepon ke dalam air mendidih satu per satu. Diamkan hingga klepon mengapung, artinya sudah siap. Mengangkat dan mengosongkan.

4. Kelapa: Setelah klepon agak dingin, gulingkan ke dalam kelapa parut kukus. Pastikan seluruh permukaan klepon tertutup kelapa.

5. Penyajian: Klepon siap dihidangkan! Sajikan di piring kecil dan gigit. Hati-hati, gula merahnya bisa langsung meleleh di mulut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *