Atlet Senam Asal Riau Kembali Sabet Emas di Nomor Perorangan Putra PON 2024

MEDAN, VIVA – Abiyu Raffi, pesenam asal Provinsi Riau, berhasil meraih medali emas Cabang Olahraga (Cabor) pada perlombaan senam artistik individu Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 tahun 2024 di Aceh-Sumut.

Meski menderita penyakit asam lambung, tak menyurutkan semangat Abiyu untuk tampil gemilang pada pertandingan All-Around Perorangan PON Putra yang digelar di GOR Disspora Sumatera Kota Medan Utara, Kamis sore Agustus mendatang. 29 Agustus 2024.

Aviu yang meraih medali perak SEA Games 2023 berhasil mendulang skor tertinggi yakni 74.732 poin. Abiyu unggul atas rekannya sesama atlet asal Riau, M Afrizal dengan 73,965 poin, sedangkan Fajar Abdul Rohim dari Kalimantan Selatan meraih perunggu dengan 72,665 poin.

Abiyu Raffi mengaku sampai menitikkan air mata usai tampil di Singles Bar. Hal itu dilakukan sebagai bentuk rasa syukurnya karena mampu tampil maksimal meski asam lambungnya kambuh.

“Karena ada kendala sebelum ikut lomba. Asam lambung meningkat. Tidak kuat. Saya tidak kuat seperti kalau lanjut alat pertama. Tapi usahakan bersikap profesional,” kata pesenam berusia 22 tahun itu pada Jumat, tanggal 30 Agustus 2024.

Bek Papua di PON 2021 ini optimistis target empat medali emasnya bisa terwujud. Saat ini dikenang bahwa ia memenangkan dua medali emas di kompetisi seni kelompok dan individu serba bisa.

Insya Allah targetnya empat medali emas, kata salah satu anggota delegasi negara Riau.

Dia ditanya tahun ini kenapa PON tak lagi membela Papua. Abiyu mengatakan, hal itu karena ingin menjaga provinsi asalnya, Riau.

“Iya. Kepentingan daerah (Riau) dan Papua itu berbeda. Sekaligus saya pahat batang hidungnya yang kuning,” kata Abiyu.

Diakui Abiyu, ajang PON ini juga merupakan bagian dari seleksi negara untuk memperkuat Indonesia menghadapi SEA Games 2025 di Thailand. Ia juga tetap fokus pada semua ajang yang diikutinya, baik tingkat nasional maupun internasional.

“Mungkin seleksinya (SEA Games) diadakan di sini (PON (Utama). Bisa jadi ya Tuhan,” jelas Abiyu.

Pada PON 2024, Abiyu menyumbangkan dua medali emas di ajang seni tersebut. Aviu masih ingin menambah dua medali emas pada penghitungan perlengkapan pribadinya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *