Benarkah Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Bisa Bikin Panjang Umur? Cek Faktanya di Sini!

JAKARTA, VIVA – Jalan kaki sudah lama dikenal sebagai olahraga sederhana namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu hal yang sering direkomendasikan adalah mencapai target 10.000 langkah setiap hari untuk meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur.

Namun, apakah kita benar-benar membutuhkan banyak langkah? Lalu bagaimana jika Anda berjalan dengan langkah lebih sedikit? Apakah masih memberikan keuntungan khusus? Gulir untuk informasi lebih lanjut!

Sebuah studi terbaru dalam European Journal of Preventive Cardiology menunjukkan bahwa dengan berjalan kaki 4.000 langkah sehari, seseorang dapat menurunkan risiko kematian karena berbagai sebab. Artinya jalan kaki bisa memperpanjang umur karena manfaatnya bagi kesehatan.

Studi juga menunjukkan bahwa berjalan kaki sebanyak 3.967 langkah sehari, atau sekitar dua kilometer, dapat menurunkan risiko kematian karena segala sebab. Sementara itu, berjalan kaki sebanyak 2.337 langkah sehari atau sekitar satu kilometer dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Berjalan kaki 2.500 langkah sehari dapat meningkatkan kesehatan Anda dan berjalan kaki 4.000 langkah sehari secara signifikan dapat mengurangi risiko kematian seseorang,” lapor penelitian yang dikutip dari Healthline, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Studi tersebut juga mengidentifikasi bahwa setiap tambahan 1.000 langkah per hari dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kematian sebesar 15 persen, sementara setiap tambahan 500 langkah per hari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 7 persen. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak langkah yang Anda lakukan, semakin besar pula manfaat kesehatannya.

“Manfaat kesehatan terlihat jelas ketika seseorang berjalan 2.500 langkah sehari, namun manfaatnya terus meningkat dengan lebih banyak berjalan kaki, hingga 20.000 langkah,” kata Dr. Cheng-Han Chen, seorang ahli jantung olahraga.

Oleh karena itu, tidak perlu terlalu khawatir jika Anda tidak mencapai 10.000 langkah setiap harinya, bahkan dengan beberapa langkah saja Anda tetap bisa memperpanjang umur dan menjaga kesehatan jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *