Jangan Tergiur Harga Murah, Ini Bahaya Motor Pakai Kampas Rem Palsu

Kampas rem VIVA merupakan spare part yang masuk dalam kategori fast moving sehingga perlu segera diganti saat mesin digunakan. Kampas rem aus akibat gesekan adalah hal yang wajar.

Menggunakan gesekan yang terjadi pada kedua sisi rem dan kedua sisi cakram. Saat pedal atau tuas rem ditekan, minyak rem dari master silinder mendorong piston ke lapisan kampas rem.

Piston ini mendorong saluran rem dan menekan cakram sehingga menghentikan mobil. Artinya performa rem sangat penting karena merupakan penentu utama bagus atau tidaknya rem.

Kaliper rem merupakan suatu komponen yang bertugas menekan piringan cakram atau tromol untuk menghentikan laju mobil. Gesekan yang terjadi lama kelamaan dapat menyebabkan komponen menjadi lebih tipis.

Suku cadang ini mudah ditemukan dan pengguna sepeda motor bisa menggantinya di bengkel resmi atau bengkel umum. Garis rem yang beredar di pasaran adalah asli pabrik, aftermarket, bahkan palsu.

Biasanya kampas rem palsu memiliki kemiripan kemasan, bentuk bahkan hologram pada kemasannya. Namun perbedaan yang paling mencolok adalah harganya yang lebih murah dibandingkan aslinya.

Jadi, jangan terkecoh dengan harga yang murah, apalagi bagi yang sedang membeli kampas rem. Lalu apa saja dampak negatif penggunaan jalur formal palsu?

Menurut Jaringan Dealer Honda, saluran rem palsu cepat aus karena bahannya kaku, dan saluran rem palsu dapat menyebabkan kerusakan cakram.

Hal ini disebabkan oleh gesekan antara bantalan rem dengan cakram.

Kemudian gesekan antara piringan cakram dengan kampas rem tempa dapat menimbulkan suara bising yang tidak normal pada saat pengereman dengan material yang tidak standar atau dianggap keras. Tentu saja hal ini akan mengganggu Anda saat berkendara.

Saluran rem palsu mungkin bertahan lebih lama dibandingkan saluran rem asli atau asli. Walaupun bahan saluran rem palsu lebih keras, namun tingkat keausan saluran rem palsu tidak sebaik saluran rem asli.

Garis rem yang lebih lembut memberikan cengkeraman yang lebih baik pada cakram saat melakukan pengereman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *