Paus Fransiskus Pakai Mobil Buatan Anak Bangsa dengan Pelat SCV 1 di Indonesia

Jakarta, VIVA – Kepala Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus, melakukan kunjungan keagamaan, kenegaraan, atau apostolik ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Mobil khusus juga telah disiapkan untuk Paus Fransiskus.

Dalam kunjungannya, Paus akan menggunakan kendaraan khusus untuk berkeliling stadion dan menyapa jemaahnya. Pemimpin Gereja Katolik ke-266 itu akan menggunakan mobil paus produksi PT Pinda.

Mobil berbasis model Maung ini disulap untuk kebutuhan Paus Fransiskus. Berwarna putih, mobil van ini memiliki cover berwarna coklat di bagian belakang untuk melindunginya dari terik matahari.

Di bagian belakang juga terdapat pintu dan tangga kecil yang dapat digunakan Paus Fransiskus untuk keluar masuk kendaraan. Mobil taktis ini memiliki dimensi panjang 4,8 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1,8 meter.

Maung mampu mengangkut 4 penumpang dan ditenagai mesin diesel 1.900 cc yang mampu menghasilkan tenaga 136 tenaga kuda. Mobil tempur ini mampu menempuh jarak hingga 650 kilometer (km) dan melaju dengan kecepatan maksimal 120 km per jam.

Selain itu, pelat khusus SCV 1 juga telah disiapkan untuk mobil tersebut. SCV sendiri merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae yang artinya Negara Kota Vatikan. 

Rencananya Paus Fransiskus akan menggelar misa besar bersama 86.000 umat Katolik dari seluruh Tanah Air dan rencananya akan dimulai pada 4 September 2024 pukul 17.00 WIB dan berlangsung selama 1,5 jam.

Pertama di Stadion GBK yang dihadiri 60.000 umat Katolik, dan sekitar 26.000 umat lainnya di Stadion Madya. Pastor Thomas mengatakan ini mungkin pertama kalinya, selama kunjungan apostolik Paus ke suatu negara, misa besar diadakan secara bersamaan di dua stadion besar.

“Stadion Madya yang terletak di sebelah Stadion Utama Gelora Bung Karno ini akan diisi oleh kalangan pendidikan, khususnya anak-anak sekolah, sehingga total akan ada sekitar 86.000 orang yang menghadiri misa tinggi tersebut,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *