Keponakan Ayu Ting Ting Sempat Imunisasi, Yuk Kenali KIPI Vaksin Polio Meski Jarang Terjadi

Jakarta, VIVA – Keluarga penyanyi dangdut Ayu Ting Ting sedang berduka. Keponakan kedua Ayu Ting Ting, Rayaz Zoltan Fachrizal meninggal dunia pada Sabtu, 31 Agustus 2024. Mendengar perkataan Ayu Ting Ting, keponakannya tak berdaya.

“(Diagnosis terakhir) Katanya dehidrasi,” ujarnya dalam tayangan YouTube yang berlangsung pada Senin, 2 September 2024. Cari informasi lengkapnya!

Menurut Ayu Ting Ting, sebelum meninggal, keponakannya beberapa kali muntah dan buang air besar. Ia mengatakan keponakannya sudah menerima vaksin polio.

“Awalnya saya muntah dan buang air kecil. Secara umum saya konsultasi ke dokter dan katanya semuanya baik-baik saja, karena setelah vaksinasi vaksin polio sangat bagus,” jelasnya.

Keponakannya dibawa ke rumah sakit dekat rumah. Namun sehari setelah dirawat di sana, keponakannya dipindahkan ke rumah sakit di kawasan Margonda, Depok, Jawa Barat.

Gejalanya adalah muntah-muntah. Jadi kami bawa ke RS, katanya bagus gejalanya seperti itu. Ternyata kejadian tersebut tidak terjadi, sehingga anak tersebut menjadi tidak berdaya. Awalnya di RS sini kami kirim ke RS Bunda Margonda,” ujarnya.

Mengingat apa yang menimpa keluarga Ayu Ting Ting, apa dampak vaksin polio terhadap anak? Menurut banyak sumber, vaksin polio sendiri diberikan sebagai cara untuk mencegah penularan infeksi virus polio.

Jenis vaksin polio oral (OPV) dan suntik (IPV) diberikan. Vaksin polio pertama yang direkomendasikan untuk lajang adalah OPV. Namun untuk vaksinasi selanjutnya, OPV dapat diberikan kembali atau dalam bentuk yang berbeda dari IPV. 

CDC AS menyebutkan, hingga tahun 2000, AS hanya menggunakan jenis IPV untuk mencegah risiko penularan polio. Terdapat kemungkinan efek samping dari pemberian vaksin polio, namun efek samping tersebut biasanya ringan dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, efek samping yang serius juga bisa terjadi. 

Beberapa orang mengalami nyeri di tempat suntikan. IPV tidak diketahui menyebabkan masalah serius, dan kebanyakan orang tidak mengalami masalah.

Beberapa masalah mungkin terjadi setelah menerima IPV, seperti pingsan setelah menerima vaksin polio. Oleh karena itu, duduk atau berbaring minimal 15 menit dapat membantu mencegah hilangnya dan kambuhnya luka.

Beritahu dokter Anda jika Anda mengalami perubahan pada pusing, penglihatan atau pendengaran Anda setelah menerima suntikan. Beberapa orang mengalami nyeri bahu yang lebih parah dan berlangsung lebih lama dibandingkan nyeri khas yang terjadi setelah suntikan. Hal ini sangat jarang terjadi.

Perlu juga dicatat bahwa efek samping serius utama yang terkait dengan vaksin polio adalah reaksi alergi, meskipun hal ini sangat jarang terjadi. CDC memperkirakan 1 dari 1 juta orang yang menerima dosis vaksin polio akan mengalami reaksi alergi. Reaksi ini biasanya terjadi beberapa menit atau jam setelah menerima vaksin.

Gejala reaksi alergi antara lain: gatal, kulit memerah, penyakit kuning, tekanan darah rendah, pembengkakan tenggorokan atau lidah, kesulitan bernapas, mengi, denyut nadi cepat atau lemah, pembengkakan pada wajah atau bibir, mual, muntah, pusing, pingsan, dan kulit membiru.

Jika Anda atau orang lain mengalami salah satu gejala reaksi alergi yang serius, segera dapatkan perawatan medis darurat.

Namun meskipun OPV jarang terjadi, OPV yang diberikan melalui obat tetes dapat menyebabkan diare pada anak. Agar aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan vaksinasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *