Prediksi Gus Dur untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia

Jakarta, VIVA – Mantan Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur pernah meramalkan masa depan sepak bola Tanah Air. Gus Dur sempat bicara soal masa depan timnas Indonesia di Piala Dunia.

Kali ini terjadi pada tahun 2006, ketika sejumlah Nahdlatul Ulama (NU) angkat bicara dalam sebuah wawancara. Sebelumnya, Gus Dur sempat ditanya soal Piala Dunia 2006 tim mana yang lolos ke final.

Gus Dur saat itu mengatakan, ada empat tim juara yang mendapat peluang itu. Empat tim yang kesulitan antara lain Argentina, Jerman, Brasil, dan Prancis. 

“Ya kalau bukan Argentina, Jerman, Brasil, lalu Prancis,” jawab Gus Dur, mengutip dari NU Online, Senin, 2 September 2024.

Gus Dur dikenal dengan kepiawaiannya dalam sepak bola. Dia tidak pernah melewatkan pertandingan Piala Dunia seumur hidupnya. Saat ditanya peluang timnas Indonesia, Gus Dur pun buka suara.

Menurutnya, Timnas Indonesia harus tampil keras jika ingin lolos ke ajang ini. Pasalnya, situasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) saat itu kerap kisruh. 

Saat ditanya pada tahun 2006, Gus Dur mengatakan kemungkinan timnas Indonesia bisa melaju ke Piala Dunia masih besar. Diperkirakan 20 tahun telah berlalu sejak wawancara ini dilakukan. Prediksi ini mulai terdengar saat ini. Ingat, skuad Garuda saat ini sedang berjuang di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Oh, masih lama, kata Gus Dur saat ditanya peluang Timnas Indonesia ke Piala Dunia.

“Berapa tahun Gus, 20 tahun lagi?” tanya pendeta itu.

“Iya, sudah lama sekali, memang masih lama. Ya apa lagi, PSSI memang seperti itu. Bagaimana sepak bola kita akan berkembang? Benar, kenapa khawatir, kata Gus Dur kemudian.

Seperti diketahui, timnas Indonesia saat ini menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang mampu bersaing di kompetisi Piala Dunia ketiga. Tim Garuda berpeluang melaju jika mampu finis di peringkat keempat Grup C yang dipegang Jepang, China, Australia, Bahrain, dan Arab Saudi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *