12 Tahun Absen Moreno Soeprapto Juara di Porshce Sprint Challenge Mandalika

VIVA – Penggemar balap sepertinya sudah tidak asing lagi dengan Moreno Soeprapto. Pembalap senior yang kini menjadi anggota DPR dari Fraksi Partai Garindra itu baru saja kembali terjun ke dunia balap motor.

Meski absen selama 12 tahun, Moreno akan kembali diangkat pada 1 September 2024 di Sirkuit Mandalika. Lombok Ia mampu menunjukkan tajinya pada Soprapto Porsche Sprint Challenge yang digelar di Nusa Tenggara Barat.

Mantan pebalap F3 itu menjadi yang tercepat di Porsche 911 GT3 berlabel AMM Motorsport (Ananda Mikola Moreno) dengan catatan waktu 25 menit 06.400 detik pada balapan kedua.

Seiring berjalannya waktu, balap Formula Ford menyaksikan Moreno menaklukkan sirkuit dengan waktu terbaik atau best lap time 1:36,602 menit.

Alhamdulillah akhirnya saya berhasil meraih P1 pada putaran pertama Porsche Sprint Challenge Indonesia 2024. Istri saya; Masananda Saya mengucapkan terima kasih kepada tim AMM Motorsport yang telah mendukung saya mencapai hasil terbaik,” ujarnya dalam keterangan resminya, Senin, 2 September 2024.

Menurut mantan pembalap A1GP itu; Tujuan kembalinya balapan internasional ini adalah untuk menghidupkan kembali pertumbuhan balap motor khususnya di Indonesia.

“Tujuan saya adalah membawa olahraga motor ke garis depan di negara ini. “Kami berharap dapat membantu mengembalikan Sirkuit Internasional Sentul menjadi sirkuit bertaraf internasional,” ujarnya.

Moreno Soprapto menempati posisi pertama pada balapan kedua dan sebelum menjadi yang tercepat, Dafa Abi dari Rizky Motorsport menempati posisi pertama pada balapan pertama yang digelar pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Namun pada babak kedua, Politisi Garindra mencatatkan waktu terbaiknya dan tampil tercepat, urutan kedua adalah Lucas Dwinanda dari EnginePlus Motorsport dan ketiga adalah Randy Riupasa dari ASC Motorsport.

Porsche Sprint Challenge, balapan khusus mobil balap Porsche GT3 yang diselenggarakan oleh merek Jerman di seluruh dunia, pertama kali digelar di Indonesia sejak tahun 2023.

Tahap awal Porsche Sprint Challenge Indonesia telah digelar sejak akhir tahun lalu di Sirkuit Mandalika. Nusa Tenggara Barat Di Lombok, kami berkompetisi di dua kelas: Sprint Race dan Endurance.

Untuk kelas lomba perorangan; Waktu lomba adalah 25 menit. Sementara itu, Endurance yang diberi nama Endurance Racing ini berlangsung selama 45 menit dan dua pembalap dalam satu mobil akan bergantian mengendarai GT3.

Di atas kertas Porsche GT3 dalam bentuk reguler memiliki mesin 6 silinder segaris 4.000cc tanpa turbo di belakangnya. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 502 hp dan torsi 469,1 Nm.

Seluruh tenaga dahsyatnya disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan dengan Porsche Torque Vectoring atau Porsche Doppelkupplung, atau PDK 7 percepatan sebagai pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *