Mobil Innova Zenix yang Dipakai Paus Fransiskus Gunakan Pelat SCV 1, Apa Artinya?

JAKARTA, VIVA – Paus Fransiskus, Ketua Kuria Vatikan, akhirnya tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024 untuk kunjungan keagamaan, kenegaraan, atau apostolik. Di Jakarta, Paus Fransiskus mengendarai Toyota Kijang Innova Zenix.

Paus Fransiskus tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada pukul 12.26 WIB. Paus sendiri diantar menggunakan kendaraan sipil, Toyota Kijang Innova Zenix berwarna putih.

Selain itu, hal menarik lainnya adalah Paus tidak duduk di kursi penumpang belakang, ia memilih duduk di kursi penumpang depan. Di sebelah pengemudi.

Menariknya, plat nomor khusus mobil Zenix bertuliskan SCV 1. SCV sendiri merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae yang merupakan singkatan dari Negara Vatikan.​

Sedangkan angka 1 menandakan bahwa ia adalah seorang pemimpin atau orang yang disegani. Selain pertemuan dengan pihak berwenang Indonesia, Paus akan mengadakan acara masjid besar yang dihadiri oleh 86.000 umat Katolik dari seluruh negeri.

Paus kemudian akan berjalan mengelilingi stadion untuk menyambut umatnya. Pimpinan gereja Katolik berkapasitas 266 kursi itu juga menggunakan mobil kepausan panel SCV 1 produksi PT Pindad. Mobil tersebut didasarkan pada model Maung dan telah dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan Paus Fransiskus.​

Mobil pikap berwarna putih ini memiliki kap berwarna coklat di bagian belakang untuk melindunginya dari terik sinar matahari. Terdapat juga pintu dan tangga kecil di bagian belakang yang dapat digunakan Paus Fransiskus untuk keluar masuk kendaraan.

Maung mampu mengangkut 4 penumpang dan ditenagai mesin diesel 1.900 cc yang menghasilkan tenaga 136 hp. Tangki ini memiliki daya jelajah hingga 650 kilometer dan kecepatan tertinggi 120 kilometer per jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *