Tentara Amerika Diserang Pemuda Nasionalis Turki di Konak

Izmir, Viva – Dua personel militer Amerika Serikat (AS) diserang secara fisik oleh sekelompok pemuda nasionalis Turki. Peristiwa itu terjadi pada 2 September 2024 di Konak, wilayah Izmir.

Menurut laporan militer VIVA Reuters, para penyerang diyakini anggota Partai Persatuan Pemuda Turki (TGB). 

TGB sendiri merupakan cabang dari Partai Patriot (Vatan Partisi) yang menentang Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa di Turki.

Dalam laporan lain “New Arab” yang dikutip VIVA Military, kejadian tersebut dikonfirmasi oleh Kedutaan Besar AS dan Gubernur Izmir.

Kedua lembaga tersebut mengatakan dua tentara Amerika diserang oleh lebih dari selusin pemuda Turki. Dimana 15 orang diantaranya ditangkap.

“Kami dapat mengkonfirmasi laporan bahwa anggota Angkatan Bersenjata AS yang berada di kapal USS Wasp menjadi sasaran dan hari ini aman di Izmir,” kata Kedutaan Besar AS dalam sebuah pernyataan.

Selain itu, dua tentara Amerika yang menjadi sasaran disebut mengenakan pakaian sipil. Dalam hal ini berarti tidak sedang bertugas.

Belakangan, Kedutaan Besar AS di Turki juga menyebut kejadian tersebut disaksikan oleh lima tentara AS lainnya. 

Sejauh ini, militer AS dan polisi Turki masih melakukan penyelidikan setelah menangkap 15 tersangka.

Gedung Putih juga mengomentari insiden tersebut. Pemerintah AS mengaku prihatin dengan serangan tersebut. 

Namun pihaknya mengapresiasi upaya badan keamanan Turki yang menanggapi masalah ini dengan serius.

“Kami prihatin dengan serangan itu, namun bersyukur bahwa polisi Turki menangani masalah ini dengan serius dan membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *