2 Kolonel Mantan Komandan Grup 1 Kopassus Pecah Bintang Jadi Brigadir Jenderal TNI

VIVA – Banyak perwira senior TNI Angkatan Darat yang hanya dikaruniai satu pangkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya.

Kenaikan pangkat tersebut terjadi setelah Panglima TNI mengeluarkan Surat Perintah Nomor Sparn/1719/VIII/2024 tanggal 28 Agustus.

Dari 52 perwira tersebut, terdapat 3 perwira yang naik pangkat satu tingkat menjadi Letnan Jenderal (Letjen). Mereka adalah Letjen TNI Jaka Budi Utama yang saat ini menjabat sebagai Irjen Kementerian Pertahanan.

Lalu ada Letjen TNI Bambang Trisanhadi yang baru menjabat Panglima Komando Gabungan Pertahanan Daerah (Pangkogabuilan) III. dan Letjen TNI Muhammad Hassan yang baru saja dipromosikan menjadi Panglima Kustrad menggantikan Letjen TNI M. Saleh Mustafa.

Dan ada 10 perwira yang dipromosikan dari Brigjen TNI menjadi Mayjen TNI. Juga 37 Kolonel yang mematahkan bintangnya hanya untuk menyandang pangkat bintang satu, alias Brigjen TNI.

Dengan demikian, dari 37 kolonel yang melejit, ada dua nama yang menarik perhatian VIVA Militar. Brigjen TNI Anoh Solehuddin dan Brigjen TNI Yuri Ilyas Mamahi.

Mengapa kedua pati ini menarik perhatian?

Nah, Brigjen TNI Anoh Sulayahuddin dan Brigjen Yuriy Ilyas Mamahi ternyata sama-sama menduduki posisi yang sama di Kelompok Komando Pasukan Khusus (COPAS). Sebab, keduanya merupakan mantan Komandan Grup 1 Para Komando, Kopasos.

Maka dari itu, delapan tahun lalu, tepatnya pada tahun 2016, Brigjen Anoh Solehuddin ditugaskan menggantikan Letkol Inf Sudrianto (saat ini Kepala Wilayah Bandarhan Kementerian Pertahanan dengan pangkat Brigjen TNI-red). Sebab, ia merupakan Komandan Grup 1 Kopassus ke-26.

Brigjen TNI Enouh Sulayahuddin melejit setelah resmi dilantik menjadi Komandan Resor (Danrem) Kodam 152/Babullah Kodam Patimora Brigjen Velando Diwanga Kesmavid digantikan Bandung. Menjabat sebagai Direktur Latihan Angkatan Darat dan Latihan Tentara Indonesia.

Sedangkan Brigjen Yuri Elias Mamhi merupakan Komandan Grup 1 28 Kopasos. Ia mulai menjabat pada tahun 2017, setahun setelah Brigjen TNI Enoh. Saat itu digantikan oleh Letkol Dion Afarendi yang kini menjabat Danjan Kopasos.

Brigjen TNI Yuriy Ilyas Mamhi menjadi bintang setelah kembali ke Kopasas untuk bertugas sebagai Kopasas Udara, menggantikan Mayjen TNI Hossein Sagoff yang dipecat karena dipecat III Kepala Staf Wassus dan LH.

Dengan diraihnya pangkat baru ini, semoga Brigjen TNI Enoh dan Brigjen TNI Yuri selalu diberkahi Tuhan Yang Maha Esa…dan sukses selalu…

Baca: Kisah Nyata 35 Tahun Kolonel TNI Kopasos Selamatkan Nyawa Paus Hingga Seluruh Prajurit Di Dalam Pesawat Mabuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *