Indahnya Toleransi, Habib Jafar Kirim DM ke Instagram Paus Fransiskus

Jakarta, VIVA – Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia disambut hangat oleh berbagai lapisan masyarakat. Tak hanya umat Katolik, umat Islam pun banyak yang turut berbahagia atas Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia tersebut. Salah satunya adalah Habib Jafar, seorang ulama Islam terkenal di Indonesia.

Meski Habib Jafar gemar mendakwahkan ajaran Islam, namun ia menunjukkan toleransi yang tinggi. Teman Onadio, Leonardo, mengirimkan pesan ucapan selamat di Instagram Paus Fransiskus. Gulir lebih jauh.

Selamat datang di Indonesia, Papa, demikian bunyi pesan tersebut, merujuk pada unggahan Instagram Habib Jafar pada Rabu, 4 September 2024.

Menurut Habib Jafar, masyarakat Indonesia harus menjadi tuan rumah yang baik karena Paus Fransiskus merupakan tokoh dunia yang sangat berpengaruh. Habib Jafar juga setia pada ajaran Nabi dan nenek moyangnya yang selalu ingat untuk memperlakukan tamu dengan sebaik-baiknya.

Habib Jafar berkata, “Jadilah tuan rumah yang baik, ini adalah nasehat para Nabi dan nenek moyang kita.”

Selain itu, Habib Jafar juga menegaskan sikap Paus Fransiskus yang dinilai sangat sederhana. Sebagai kepala negara Vatikan, Paus Fransiskus ingin naik pesawat komersial ke Indonesia dibandingkan pesawat pribadi. Selain itu, Paus Fransiskus juga dikabarkan menghindari menginap di hotel mewah karena ingin bermalam di Guest House Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan di Jakarta.

“Dan dia membawakan kami oleh-oleh yang sangat berharga, yaitu kesederhanaan,” ujarnya.

Melihat sikap toleran Habib Jafar, banyak netizen yang memujinya di kolom komentar. Beberapa umat Katolik juga tidak senang, karena ulama Islam seperti Habib Jafar bersedia mendukung agama lain.

“Pelayan di lingkungan itu punya Papa, kita punya Paustadz. Toleransinya indah,” komentar netizen.

“Islam itu indah, Kristen itu cinta. Jadi apa yang kalian perdebatkan?” kata yang lain.

Makanya aku suka dengar Habib karena dia memanusiakan pilihan agama lain, kata yang lain.

“Semua agama mengajarkan kebaikan, mari kita saling menghormati dan mencintai satu sama lain apapun yang terjadi,” kata salah satu dari mereka.

Sekadar informasi, kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia kali ini dalam rangka Misa yang digelar di Gelora Bung Karno Jakarta pada 5 September 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *