Terungkap, Sosok Caleg Terpilih yang Posisinya Digantikan oleh Nisya Ahmad

VIVA – Nama adik Rafi Ahmad, Nisia Ahmad, belakangan menjadi perbincangan hangat publik di dunia maya. Hal tersebut tak lepas dari banyaknya orang yang baru saja resmi dilantik menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2024-2029.

Seperti diketahui, pelantikan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat baru saja digelar di Gedung Merdeka Bandung pada Senin, 2 September 2024. 

Saat itu, Nisia Ahmad menjadi salah satu dari 120 anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang terpilih untuk mengemban tugas pemerintahan beberapa tahun ke depan.

Pelantikan Nisia Ahmad menyedot perhatian warganet di dunia maya karena adik Rafi Ahmad diketahui kalah pada pemilu Februari 2024.

Sontak, pelantikan Nisya baru-baru ini menimbulkan pertanyaan besar. Gulir untuk membaca artikel selengkapnya di bawah ini.

Nisia menggantikan posisi Thorikoh

Jika ditelusuri lebih lanjut, tampaknya nama Nisia Ahmad muncul sebagai calon legislatif terpilih, dan resmi dilantik menjadi anggota DPRD karena suatu alasan. Sempat memunculkan pertanyaan dari masyarakat, KPU Jabar akhirnya membeberkan alasannya.

Menurut KPU, alasan Nisia Ahmad bisa diangkat menjadi anggota DPRD meski kalah dalam pemilu adalah menggantikan calon legislatif terpilih Thorikoh Nasrullah. 

Thorikoh memutuskan mundur dari jabatannya sebelum pelantikan anggota DPRD digelar beberapa hari lalu.    

“Jadi untuk Bu Thorik, partainya sudah mengumumkan pengunduran dirinya.” Prosedurnya, jika mengundurkan diri, ia meninjau dulu kavlingnya lalu menyerahkannya ke KPU. Setelah pengumuman anggota yang memilih keluar, kami mengundang pihak dan orangnya. Kemudian kami membuat berita acara dan merevisi keputusan calon terpilih tersebut, sehingga dipilihlah nama Ibu Nisia,” jelas ketua bagian teknis. untuk pelaksanaannya disampaikan KPU Jabar Adi Saputro pada Senin. 2 September 2024.

Akibat mundurnya Thorikoh, nama Nisia Ahmad akhirnya naik daun menggantikan posisi salah satu presiden saat ini yang menjabat anggota DPRD sejak 2009.

Dimana perolehan suara Thorikoh saat itu sebanyak 58.495 suara, sedangkan tepat di bawahnya ada nama Nisia Ahmad yang memperoleh 50.422 suara. Dengan perolehan suara di bawah Thorikoh, posisi tersebut akhirnya digantikan oleh Nisia Ahmad. 

Meski Thorikoh memutuskan mundur, PAN mengungkapkan bakal mengemban tugas baru.

“Kalau kita akan dikerahkan di mana, nanti akan kita informasikan,” kata Wakil Ketua PAN Viva Yoga, seperti dilansir VIVA.co.id pada Rabu, 4 September 2024.

Sekadar informasi, Thorikoh Nashrullah Fitriiah merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2019 hingga 2024.  Thorikoh sendiri merupakan wakil mapan yang memiliki pengalaman luas di dunia politik sejak tahun 2009. 

Ia pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Bandung periode 2009-2014 dan periode 2014-2009 sebelum akhirnya terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2019-2024.

Kader PAN ini juga merupakan salah satu caleg terpilih dari Fraksi PAN pada pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pileg) yang digelar pada Februari 2024.  Sayangnya, Thorikoh akhirnya mengundurkan diri karena alasan tertentu.                                                                                                              

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *