Resep Pukis Pandan Enak dan Mudah, Cocok untuk Pemula

JAKARTA, VIVA – Pukis pandan merupakan salah satu kue tradisional khas Indonesia yang sangat digemari banyak orang. Kue ini cocok untuk camilan sore hari atau sebagai suguhan berbagai acara.

Asal usul sebenarnya dari Pandan Pukis masih belum diketahui. Namun kue ini sudah ada sejak zaman dahulu dan menjadi bagian dari kuliner tradisional Indonesia. Nama “Pukis” sendiri diyakini berasal dari suara yang dihasilkan pukis saat menuang adonan.

Meski disebut kue pandan, pukis hadir dalam berbagai rasa. Selain pandan, puki juga sering dibuat dengan rasa coklat, keju, atau bahkan buah-buahan seperti pisang dan stroberi. Meski demikian, rasa pandan tetap menjadi favorit banyak orang karena memberikan rasa yang khas dan menyegarkan.

Berikut resep Pukis Pandan dilansir dari Cookpad @riwayatiningsih11 Bahan Adonan :

2 butir telur ayam

150 gram gula pasir

1/2 sendok teh garam

1/4 sendok teh baking powder

1/2 sendok teh vanila

250 gram tepung terigu protein sedang

2 bungkus santan instan (masing-masing 65 ml)

2 bungkus susu kental manis putih

100 ml air

75 gram margarin cair

1 sdt pasta pandan Bahan biang dan topping:

1 sendok teh ragi instan

1 sendok teh gula pasir

50 ml air hangat

Krim mentega sudah cukup

Cukup sudah cukup

Cara menyiapkan keju parut untuk dicicipi:

1. Lelehkan margarin dan biarkan sesuai selera. Dalam wadah kecil, campurkan ragi instan, 1 sendok teh gula pasir dan 50 ml air hangat. Aduk rata dan biarkan hingga ragi melunak dan berbusa.

2. Dalam wadah besar masukkan telur dan gula pasir. Aduk dengan wisk hingga tercampur rata dan gula larut. Tambahkan garam, baking powder, vanili, starter (campuran ragi) dan santan instan ke dalam adonan telur. Aduk rata.

Tambahkan tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan susu kental manis, air dan margarin cair. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Terakhir masukkan pasta pandan dan aduk kembali hingga adonan berubah warna menjadi agak hijau. Tutup adonan dengan plastik wrap atau kain bersih. Diamkan selama 1-2 jam hingga adonan mengembang.

3. Panaskan cetakan puki dengan api sedang. Tuang massa yang diperoleh ke dalam cetakan hingga 3/4. Tutup panci dan panggang hingga matang, sekitar 5-7 menit. Cek kematangan dengan menusukkan tusuk gigi, jika keluar bersih berarti pukis sudah matang. Setelah matang, keluarkan kue pook dan biarkan dingin.

4. Lalu olesi buttercream di atas pookie dan tambahkan topping sesuai selera seperti taburan atau keju parut.

Selamat mencoba resep pukis pandan ini! Semoga hasilnya memuaskan dan dapat anda nikmati bersama keluarga dan teman anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *