4 Alasan Wajib Nonton Sleep, Film Terakhir Mendiang Lee Sun Kyu tentang Misteri Sleepwalking!

VIVA – Bagi pecinta genre misteri, horor, dan thriller, jangan lewatkan film Korea terbaru, Sleep. Dirilis tahun lalu, film ini debut perdana di Festival Film Cannes 2023 pada 21 Mei 2023, sebelum akhirnya mencuri perhatian publik di Korea Selatan pada 6 September 2023.

Sleep bukan sekedar film biasa, namun menampilkan premis menarik seputar fenomena sleepwalking. Ceritanya menggambarkan kehidupan harmonis pasangan Soo Jin (diperankan oleh Jung Yoo Mi) dan Hyun Soo (diperankan oleh Lee Sun Kyo). Pernikahan bahagia mereka mulai gagal ketika Hyun Soo, suami yang sedang menantikan anak pertama mereka, tiba-tiba mengalami berjalan dalam tidur.

Tak hanya kejadian aneh, kebiasaan berjalan dalam tidur Hyun Soo juga membahayakan nyawanya, seperti memakan daging mentah hingga mencoba melompat dari jendela rumah. Ironisnya, dia tidak pernah ingat apa yang terjadi setelah dia tertidur. Kekhawatiran melanda pasangan ini, terutama Su Jin yang sedang hamil besar, yang merasa cemas tidak hanya akan keselamatan suaminya, tapi juga dirinya dan anaknya.

Kejadian aneh Hyun Soo terus berlanjut bahkan setelah bayinya lahir. Hal ini mendorong Soo Jin untuk mencari tahu penyebabnya dan mencari cara untuk menyembuhkan suaminya yang masih mengalami sleepwalking. Sebuah perjalanan investigasi yang membawa ketegangan dan ketakutan.

Untuk mengetahui apakah ia mampu mengatasi perilaku berjalan dalam tidur Hyeon Soo, tontonlah film “Tidur” di aplikasi VIU yang dilengkapi subtitle bahasa Indonesia. Bagi yang masih ragu, berikut beberapa alasan mengapa Anda harus menonton film ini.

1. Tayang perdana disutradarai oleh Jason Yu

Film ini menandai debut penyutradaraan dan penulisan skenario Jason Yu. Sebelumnya, Yoo adalah asisten Bong Joon Ho (sutradara Parasite) dalam sebuah proyek film. Inspirasi naskah “Shina” datang saat Yu sedang mempersiapkan pernikahannya, dan dari sinilah muncul ide film yang berkaitan dengan pernikahan dan fenomena berjalan dalam tidur.

2. Menuai pujian dan menerima nominasi penghargaan

Meski merupakan film debutnya, namun Sleep berhasil meraih prestasi besar. Sutradara Parasite Bong Joon-ho memuji film tersebut, menyebutnya sebagai film horor paling cerdas dan unik yang pernah dia tonton dalam 10 tahun terakhir. Pengakuan ini tentunya sangat berharga mengingat Bong Joon Ho merupakan peraih Academy Award ke-92 pada tahun 2020. Selain itu, film ini juga mendapat banyak pujian dari para kritikus film saat penayangannya di Festival Cannes.

Selain apresiasi yang diberikan Bong Joon Ho, Sleep juga mendapat pujian dari sejumlah kritikus film saat penayangannya di Festival Film Cannes. Kehadirannya juga tak luput dari sorotan di beberapa ajang penghargaan film bergengsi, seperti Big Bell Awards dan Blue Dragon Awards.

Ketertarikan dan kesuksesan mimpi meraih nominasi tersebut menjadi bukti kesuksesannya di dunia perfilman. Pada puncaknya, Jung Yumi, pemeran utama film ini, meraih pengakuan luar biasa dengan memenangkan Penghargaan Aktris Terbaik di Blue Dragon Awards dan Penghargaan Asosiasi Produser Film Korea.

3. Kombinasi sempurna antara genre horor, thriller, dan komedi

Meski tergolong film horor thriller, namun anehnya film ini juga memiliki unsur dark comedy. Kesuksesannya terletak pada penyajian yang tepat, dimana unsur komedi tidak mengganggu alur cerita dan terasa natural tanpa terkesan dipaksakan.

4. Misteri Psikologis atau Gangguan Roh?

Sepanjang film, penonton terus bertanya-tanya apakah keadaan yang dialami Hyun Soo hanya sekedar masalah psikologis atau ada unsur supranatural di dalamnya. Situasi semakin mencekam ketika dalam salah satu adegan, seorang dukun yang dibawa oleh ibu Soo Jin mengaku ada kehadiran makhluk halus yang menghantui apartemennya. Situasi ini menambah lapisan misteri dalam cerita, menciptakan ketegangan psikologis yang memikat rasa penasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *