Banyak Lomba Lari Digelar, Bisa Cegah Penyakit Jantung Hingga Turunkan Berat Badan

Balikpapan, VIVA – Lari merupakan olahraga termudah dan termurah yang bisa dilakukan agar tetap sehat. Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan rutin melakukan olahraga ini, antara lain mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan lutut, dan membantu menurunkan berat badan. 

Lebih dari itu, lari juga dapat membantu mencegah penyakit jantung, mengontrol tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat daya tahan tubuh, membuat tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan mood. Scroll untuk mengetahui informasi lengkapnya, yuk!

Tak heran jika kini banyak diadakan perlombaan lari yang memiliki tujuan yang sama, yaitu menjaga bentuk dan kesehatan tubuh. Salah satunya adalah lomba lari bertajuk IPEKA Arunika 5K Fun Run yang dilaksanakan pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Nama Arunika sendiri memiliki arti ‘Adu Raga untuk Ika’ atau ‘Persaingan untuk Persatuan’, menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam setiap langkah para peserta. 

Acara lari yang diselenggarakan oleh Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan ini berlangsung di sepanjang jalur jalan sekitar Kota Besar Balikpapan. Acara ini diikuti oleh sekitar 1000 peserta, baik dari kalangan IPEKA maupun masyarakat umum, dimulai dan diakhiri di Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan.

Kepala Sekolah SMA Kristen IPEKA Balikpapan Etti Hartiwi mengatakan, IPEKA Arunika merupakan wujud nyata komitmen sekolah untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Balikpapan dan sekitarnya. 

“Acara ini tidak hanya sekedar ajang olah raga saja, namun juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antara sekolah dan masyarakat secara umum, serta sebagai ungkapan rasa syukur atas segala kebaikan yang Tuhan berikan kepada kita selama 45 tahun perjalanannya. IPEKA. “Melalui IPEKA ARUNIKA, kami ingin menanamkan pentingnya kesadaran hidup sehat, bahagia dan bersatu,” kata Etti dalam keterangannya, dikutip Kamis, 5 September 2024.

Acara ini juga mengundang Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur dan seluruh siswa sekolah dasar dan menengah di Balikpapan. Menariknya, ajang lari ini juga mengundang peserta berkebutuhan khusus.

“Anak berkebutuhan khusus mempunyai kesempatan yang sama dalam pendidikan dan prestasi. “Kami ingin IPEKA Arunika menjadi wadah bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk terus berkarya dan berprestasi khususnya di bidang olahraga”, ucap Etti.

Selain Fun Run, acara juga dimeriahkan oleh beberapa penampilan siswa-siswi IPEKA Balikpapan mulai dari TK hingga SMA. Siswa menampilkan pertunjukan tari, band dan memainkan ukulele. 

Acara Open House yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan di IPEKA Arunika ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 September 2024 sebagai acara penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2025/2026.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *