Pemuda Asal Papua Ingin Jadi Guru Demi Selamatkan Kampungnya yang Sudah Tidak Ada Guru

PAPUA, VIVA – Sebuah video viral di TikTok yang memperlihatkan seorang mahasiswa bernama Leonardo Madai alias Amoye Madai menceritakan kisah mengharukan tentang pilihan jurusan universitasnya. 

Dalam video yang diunggah melalui akun TikTok dengan username @user2193973193 ini, Amoye sedang menyelesaikan tugas persiapannya sebagai mahasiswa baru di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) di Sorong, Papua Barat.

Di depan kamera, Amoye yang mengenakan almamater merah Unimuda itu jujur ​​sepenuhnya mengenai alasan baiknya melanjutkan studi di universitas tersebut.

Amoye terang-terangan mengungkapkan bahwa motivasinya belajar dan berlatih bahasa Indonesia adalah ingin menjadi seorang guru.

Alasannya adalah kekhawatirannya terhadap kondisi kampung halamannya yang sudah tidak ada lagi guru yang mengajar.

Amoy merasa terpanggil untuk mengisi kekosongan ini dan mengajar anak-anak di desanya.

“Status saya mahasiswa baru Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda), Kampus Surong, Fakultas Bahasa, Sosial dan Olah Raga, dengan orientasi bahasa Indonesia. Alasannya karena di desa saya tidak ada guru, makanya saya mendaftar menjadi guru,” kata Amoye.

Kalimat sederhana namun penuh makna ini mampu menyentuh hati banyak pemirsa yang terharu melihat tekad dan kepedulian Amoy terhadap masa depan desanya melalui pendidikan.

Amoye diketahui berasal dari Desa Tipakutu, Kabupaten Pania, pedalaman Papua. Amoye harus menempuh perjalanan lebih dari 1000 kilometer untuk melanjutkan studinya di Unimuda Sorong.

Jarak yang jauh tersebut menunjukkan besarnya tekad dan komitmennya dalam meraih cita-citanya menjadi seorang guru.

Meski berasal dari daerah terpencil, hal tersebut tidak ia jadikan sebagai kendala, melainkan sebagai motivasi untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik, untuk kembali dan membangun desanya yang sudah tidak memiliki tenaga kependidikan lagi.

Video yang diunggah Amoye ini menyedot banyak perhatian di media sosial dengan total 1,6 juta views. Reaksi positif dari netizen menunjukkan betapa banyak orang yang terinspirasi dengan kisah dan tekad Amoy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *