Institut Teknologi PLN dan Bapeten Dukung Penggunaan Teknologi Nuklir Ramah Lingkungan

Jakarta, VIVA – Institut Teknologi PLN dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) berkomitmen mendorong penggunaan teknologi nuklir yang aman dan ramah lingkungan.

Dalam upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan teknologi nuklir di Indonesia, ITPLN bersama Bapeten menyelenggarakan acara bertajuk “Seminar dan Pameran Keselamatan Nuklir 2024”.

Kegiatan berlangsung di kampus ITPLN Jakarta yang dibuka langsung oleh Rektor ITPLN, Prof. Iwa Garniwa bersama Plt. Kepala Bapeten Sugeng Sumbarjo.

“Kami berharap acara ini tidak hanya meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam penggunaan teknologi nuklir, tetapi juga menginspirasi pengembangan inovasi baru yang mendukung energi rendah karbon,” kata Iwa pada Kamis, 5 September 2024. .

Sementara itu, Bapeten mengatakan acara tersebut merupakan langkah strategis untuk memastikan teknologi nuklir yang dikembangkan di Indonesia memenuhi standar keselamatan internasional.

Acara ini bertujuan untuk mendukung pengembangan energi rendah karbon sekaligus mendukung Zero Carbon Emissions (NZE) 2060.

ITPLN menjelaskan, dengan mengusung tema besar “Meningkatkan keselamatan dan keamanan teknologi nuklir untuk mempromosikan energi rendah karbon dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat”, seminar dan pameran ini akan menjadi forum penting bagi akademisi, praktisi, dan regulator untuk berdiskusi dan mempresentasikannya. inovasi terbaru dalam energi nuklir.

Sementara itu, Seminar Keamanan Nuklir menghadirkan sejumlah pembicara terkemuka yang membahas isu-isu strategis terkait keamanan dan pemanfaatan energi nuklir di Indonesia.

Sementara itu, turut serta pula pakar dalam dan luar negeri, yakni seperti Natio Lasman dari Dewan Energi Nasional (DEN), Direktur Pengawasan Narkoba, Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bayu Wibisono, Drew Christensen dari Laboratorium Nasional US Pacific Northwest (US PNNL) dan Bob Anderson dari US-Idaho National Laboratory (US-INL).

Sementara itu, pameran produk nuklir dan poster ilmiah menampilkan berbagai inovasi dan teknologi terkini di bidang nuklir yang relevan dengan tema acara.

ITPLN berharap acara ini menjadi kesempatan besar bagi seluruh pihak yang terlibat di bidang energi, khususnya yang terkait dengan teknologi nuklir.

Dengan topik yang dibahas dalam seminar dan inovasi yang disampaikan, kami berharap dapat muncul ide-ide baru dan solusi konkrit terhadap tantangan yang dihadapi sektor energi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *