Fakta Menarik Negara Terkecil di Dunia ‘Vatikan’ yang Dihuni Paus Fransiskus

Jakarta, VIVA – Paus Fransiskus, pemimpin umat Katolik dunia, berkunjung ke tanah air pada September 2024. Ini merupakan kunjungan Paus ketiga ke Indonesia setelah kunjungan Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan -Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

Paus Fransiskus yang berusia 87 tahun mengawali kunjungannya ke Asia-Pasifik dari Indonesia. Kunjungan ini merupakan yang terlama selama 11 tahun kepemimpinannya, yakni berlangsung pada 3-13 September 2024. 

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada September 2024 tentu akan menjadi momen bersejarah bagi umat Katolik dan masyarakat umum.

Berikut fakta menarik Kota Vatikan, negara asal Paus Fransiskus yang mungkin belum banyak diketahui orang, seperti dilansir City Experiences pada Jumat, 6 September 2024:

1. Negara terkecil di dunia 

Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia, baik dalam ukuran maupun jumlah penduduk. Dengan luas hanya 109 hektar, Vatikan berukuran seperdelapan luas Central Park di New York.

Negara ini dikelilingi oleh tembok Vatikan dan berbatasan dengan Italia. Menariknya, Vatikan juga menjadi satu-satunya negara yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Hanya memiliki 800 warga 

Meskipun Kota Vatikan menerima jutaan pengunjung setiap tahunnya, hanya sekitar 800 orang yang dapat disebut sebagai warga negara. Populasi ini mencakup anggota pendeta, Garda Swiss, pegawai dan pejabat Vatikan.

Secara eksklusif, kewarganegaraan Vatikan bersifat sementara; tidak ada rumah sakit di Vatikan, jadi tidak ada seorang pun yang dilahirkan di sana.

Kewarganegaraan diberikan kepada mereka yang bekerja untuk Tahta Suci atau memiliki hubungan khusus, dan masa berlakunya habis pada akhir mandat mereka.

3. Rumah bagi salah satu katedral terbesar di dunia 

Basilika Santo Petrus, yang terletak di Kota Vatikan, adalah salah satu gereja terbesar di dunia. Dengan luas lebih dari lima hektar dan tinggi kubah 136 meter, basilika ini menjulang di atas makam Santo Petrus. Bangunan ini merupakan simbol utama Gereja Katolik dan mendominasi cakrawala Vatikan.

4. Museum Vatikan menyimpan lebih dari 70.000 karya seni 

Museum Vatikan, yang didirikan pada tahun 1506 oleh Paus Julius II, berisi sekitar 70.000 karya seni. Meski hanya sekitar 20.000 karya yang dipamerkan dalam satu waktu, museum ini memiliki koleksi seni yang tak ternilai harganya.

Dari lukisan klasik Renaisans hingga lukisan dinding Sala Rafael, museum ini menawarkan banyak hal bagi pecinta seni.

5. Negara Vatikan berusia 93 tahun 

Sebagai negara resmi, Kota Vatikan berusia kurang dari seratus tahun. Kota ini menjadi negara berdaulat pada tahun 1929 melalui Perjanjian Lateran yang diprakarsai oleh Benito Mussolini.

Namun, sejarah Gereja Katolik di Vatikan dimulai pada abad ke-4 M, menjadikannya pusat spiritual yang kaya akan sejarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *