Atlet Barongsai Sumut Kembali Sabet Emas di PON 2024

Delhi Serdang, VIVA – Atlet Barongsai Sumatera Utara (Sumut) kembali berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut. Emas kali ini berasal dari nomor bebas Pekingsai Taolu dengan nilai 9,27. 

Perlombaan Barongsai berlangsung di Arena Pencak silat, GOR Sumut, Desa Sena, Kabupaten Delhi Serdang, Kamis, 5 September 2024. Persaingan berlangsung sengit antara Sumut, Aceh, dan Jawa Tengah.

Setelah Sumut, tim Barongsai Aceh meraih peringkat kedua dengan skor 9,10. Sedangkan di posisi ketiga ada Jawa Tengah dengan skor 9,03.

Menanggapi kemenangan ini, Pelatih Barongsai Sumut David mengatakan, keberhasilan ini berkat kerja keras dan dukungan masyarakat Sumut.

“Hal ini berkat dukungan masyarakat dan Pemerintah Provinsi yang mendukung penuh pelatihan kami,” kata David, dalam keterangannya, Jumat, 6 September 2024.

David menjelaskan, dalam latihan, anak-anak timnya dikuatkan secara fisik, dengan fasilitas dan latihan yang intensif. Begitu pula makanan bergizi dan vitamin terus diberikan kepada para atlet barongsai agar performanya maksimal. 

“Dan ini merupakan medali emas kedua pada cabang olahraga Barongsai untuk Sumut. Hasilnya memuaskan, kita kembali meraih emas”, kata David.

Menurut David, anak didiknya melakukan latihan ekstra selama dua bulan menjelang PON 2024. Latihan ini di luar rutinitas latihan mereka sebagai atlet Barongsai Sumut. 

“Dalam 2 bulan kami fokus latihan dan karantina, mereka banyak berlatih dan yang jelas hasilnya sesuai yang kami inginkan”, jelas David.

Saat ditanya siapa lawan terberatnya di cabang olahraga tersebut, David mengaku tim DKI Jakarta di ajang bebas Pekingsai Taolu pun gagal meraih perunggu. 

Lawan terberat sepertinya adalah DKI Jakarta di Barongsai, kata David.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *