Canggih! Indonesia Berhasil Lakukan Operasi Jarak Jauh, Dokter di Bali dan Pasien di Jakarta

VIVA – Indonesia belakangan ini berhasil menyita perhatian publik. Tiongkok telah berhasil melaksanakan operasi jangka panjang, dan Indonesia kini melaksanakannya dengan hasil yang menjanjikan.

Unggahan @virusi.interest seperti diketahui dari akun Instagramnya bahwa Indonesia berhasil mengoperasikan telerobotika sejauh 1200 km.

Dalam operasi jarak jauh, diketahui dokternya adalah Bali. Pasien tersebut berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Hingga 30 Agustus 2024, pengoperasian telerobotik berjalan lancar.

Dengan menggunakan teknologi nirkabel, ahli bedah akhirnya dapat melakukan pembedahan. Operasi tersebut dilakukan untuk mengatasi penyakit kista ginjal yang ditangani oleh ahli urologi di RS I.G.N.G Ngurah Rai, RSCM Jakarta.

Operasi telerobotik jarak jauh memiliki sejarah kesuksesan. Sebab, pertama kali diterapkan di Indonesia dan Asia Tenggara. Dari Bali I.G.N.G.

Dari informasi yang dihimpun, operasi berlangsung selama 2 jam, dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB.

Reaksi hasil

Unggahan akun Instagram @virusi.interest ini pun sukses menyedot perhatian di media sosial.

Seorang netizen berkata, “Kalau sabar pasti ada masalah di internet.”

“Jelaskan dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam…bukankah dokter dan pasien itu sama?”

“Ini seperti menggunakan remote dokter. “Kalau pasiennya jauh,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *