Toyota Fortuner Baru Meluncur Hari Ini, Hyundai Siapkan Sante Fe Baru

VIVA – PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan New Toyota Fortuner, Jumat 6 September 2024, malam ini di Jakarta. Wajar jika SUV mendapat pembaharuan, karena sudah hadir sejak dua tahun lalu.

Terakhir, pabrikan mobil Toyota akan merilis Fortuner versi baru berkapasitas mesin diesel 2.800cc pada tahun 2022, identitas TRD Sportivo akan berganti dari model high-end menjadi GR Sport.

Setelah berjalan selama dua tahun, Fortuner mencapai puncak kejayaannya pada tahun 2016 dan mendapat facelift pada tahun ini. Informasi tersebut diperoleh dari undangan resmi yang diterima Viva Otomotif.

Ubahan eksteriornya mungkin mirip dengan Fortuner Legender di pasar Thailand yang muncul 4 tahun lalu, yang berarti tampilan SUV tersebut akan lebih sporty dari versi sebelumnya, dan citranya akan lebih bertenaga. 

Fortuner Legender mengubah desain lampu depan dan lampu depan ganda. Memiliki grill yang lebih besar dengan desain baru, dan tambahan DRL (daytime running light) di bemper bawah.

Thailand akan menjadi negara pertama yang meluncurkan Fortuner baru, mulai Juni 2020. Selain ubahan tampilan, SUV tersebut mendapat varian baru bernama Legender dengan mesin 2.800cc.

Mesin ini mempunyai tenaga maksimal 240 PS dan torsi 500 Nm pada 1.600-2.800 rpm. Untuk meredam kebisingan atau getaran yang masuk ke dalam kabin, Toyota membenamkan sisa kayu.

Saat ini di Indonesia, Fortuner memiliki tiga pilihan mesin, yakni diesel berkapasitas 2.400cc dan 2.800cc, serta bensin 2.700cc.

Fitur-fitur canggih juga terdapat pada Fortuner baru, bocorannya antara lain Toyota Safety Sense (TSS) yang lebih lengkap dari versi sebelumnya, teknologi konektivitas, dan penyempurnaan interior.

Namun bukan hanya Toyota yang sibuk menyiapkan Fortuner baru, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) juga tengah menyiapkan All New Santa Fe sebagai pesaing ketat Fortuner di pasar global.

Bahkan, Sante Fe generasi baru sudah beberapa kali diuji di jalanan India dan harga asli produk baru tersebut sudah terdaftar di Samsat DKI Jakarta.

Menurut Kanwil Pemprov DKI Jakarta, diam-diam Hyundai telah mendaftarkan dua model baru kategori Jeep pada produk NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) miliknya.

Selain New Hyundai Tucson, merek berlogo miring H itu mendaftarkan All New Santa Fe dengan kode NSNTAFE yang terbagi dalam tiga varian dengan harga dasar berbeda.

Kode NSNTAFEG2.5 2ACLGRPY memiliki NJKB Rp432 juta, NSNTAFEG2.5 2ATPRIME Rp425 juta, dan NNSNTFEG16THEV 2ACGRPY dengan harga dasar Rp445 juta.

Dilihat dari harga dasarnya, SUV baru berlogo H miring ini diperkirakan bisa dijual Rp 500-600 juta jika memperhitungkan pajak dan pendapatan perusahaan. 

Artinya, bisa menjadi persaingan ketat bagi Fortuner, terutama untuk versi termurah yang hingga saat ini harganya mencapai Rp 573,700 juta, dan tertinggi hingga Rp 745,350 juta pada malam harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *