Seorang Wanita Arab Alami Culture Shock Saat Mendengar Sholawat di Indonesia

Jakarta, VIVA – Fatima Jamal, perempuan keturunan Arab, baru-baru ini mengalami momen culture shock saat berkunjung ke Indonesia. Dia menyaksikan orang Indonesia melantunkan doa dalam bahasa Arab dan terkejut dengan apa yang dilihatnya.

Dalam unggahan video TikToknya, Fatima menceritakan pengalaman uniknya mendengar orang Indonesia melantunkan doa yang menurutnya sangat tidak biasa.

“Ini kejadian yang lucu bagi kami orang Arab yang pernah merasakan budaya Indonesia,” ujarnya. 

Fatima menjelaskan, banyak masyarakat Indonesia yang melantunkan sholawat dengan menggunakan lantunan berbahasa Arab tanpa memahami maknanya.

“Sholawatnya bagus, soalnya lantunan yang digunakan dalam salat itu menggunakan lantunan bahasa Arab apa adanya, tanpa memperhatikan maknanya,” ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat Indonesia sering melihat semua lagu berbahasa Arab sebagai sholawat atau sholawat tanpa benar-benar memahami konteksnya.

“Karena mereka menganggap semua lagu berbahasa Arab adalah doa dan permohonan. Mereka mengira semua kata arab adalah kata yang harus Aamiin ya? “Bagaimana?” tanya Fatima.

Fatima juga memperlihatkan video yang menampilkan lagu yang sama yang dinyanyikan di Mesir. Di Mesir, lagu tersebut dinyanyikan dengan nada galau, yang menurutnya sangat berbeda dengan penggunaan lagu tersebut dalam doa di Indonesia. 

Netizen Indonesia yang melihat hal tersebut dibuat malu dan tertawa. Banyak diantara mereka yang baru mempelajarinya dan sedang mencari pemahaman.

Terima kasih kakak, mohon pencerahannya umat Islam Indonesia, tulis salah satu warganet.

“Gace, apa kamu tidak malu?” Sumpah, malu banget,” tambah pengguna lain sambil tertawa.

“Anda mungkin berpikir bahwa Anda sedikit lebih pintar sebagai manusia,” salah satu akun menambahkan.

“Jika diringkas, wanita ini sebenarnya bermaksud ‘tolong cari tahu’,” tulis yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *