Timnas Indonesia Curi Poin di Arab Saudi Jadi Tanda Prediksi Gus Dur Segera Terwujud?

Jakarta, VIVA – Timnas Indonesia berhasil mencuri satu poin dari Arab Saudi pada babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Keberhasilan tersebut menjadi pertanda bahwa prediksi mantan Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid alias Gus Dur akan segera terwujud.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Arab Saudi. Laga tersebut digelar dini hari Jumat 6 September 2024 pukul WIB di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah.

Hasil ini pun membuka peluang Timnas Indonesia melaju ke babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Harapan Skuad Garuda semakin tinggi di babak final kompetisi paling bergengsi dunia tersebut.

Hal ini menandakan prediksi Gus Dur soal lawatan Timnas Indonesia ke Piala Dunia akan segera menjadi kenyataan. Sebelumnya, presiden keempat Indonesia itu angkat bicara soal sepak bola Indonesia.

Gus Dur pun angkat bicara soal nasib timnas Indonesia di Piala Dunia. Momen ini terjadi pada tahun 2006 ketika Nahdlatul Ulama (NU) berbicara dalam sebuah wawancara. Gus Dur awalnya ditanya soal Piala Dunia 2006, tim mana yang lolos ke putaran final.

Ia kemudian menjawab pertanyaan seputar peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia. Menurutnya, tim Garuda berpeluang lolos jika Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terorganisir dengan baik dan para pemain dilatih lebih keras.

Tanda-tanda tersebut kini mulai terasa nyata. Banyak suporter yang sepakat bahwa Ketua Umum PSSI (Ketum) Erick Thohir berhasil mencapai banyak kemajuan di sepak bola Indonesia. Di sisi lain, kualitas pelatih dan pemain Timnas Indonesia patut mendapat tren peningkatan.

Shin Tae-yong selaku juru taktik Skuad Garuda saat ini mampu menjadi pembeda. Pria asal Korea Selatan itu dikenal ketat dalam membina murid-muridnya seperti yang disarankan Gus Dur.

Berdasarkan penuturan Gus Dur pada tahun 2006, timnas Indonesia disebut membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai Piala Dunia. Diperkirakan sekitar 20 tahun telah berlalu sejak wawancara tersebut. Nubuatan ini mulai dirasakan pada zaman sekarang. 

Wah, masih lama, kata Gus Dur saat ditanya peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia seperti dikutip NU Online.

“Gus, berapa tahun, 20 tahun lagi?” tanya pembawa acara.

“Iya sudah lama, pokoknya masih lama. Ya apa lagi, PSSI juga begitu. Bagaimana sepak bola kita berkembang? Itu saja, buat apa khawatir,” kata Gus Dur kemudian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *