Deg-degan Usai Minum Kopi, Apakah Normal?

JAKARTA, VIVA – Bagi banyak orang, kopi merupakan bagian integral dari rutinitas sehari-hari. Namun meminum kopi memiliki banyak efek samping seperti rasa cemas dan jantung berdebar-debar pada sebagian orang. Apakah ini normal?

Jantung berdebar-debar setelah minum kopi bisa menimbulkan kecemasan. Gulir untuk detail lebih lanjut dan datang!

Seperti dilansir Metro Cardiovaskular, temuan penelitian mengenai hubungan antara kafein dan detak jantung tidak selalu konsisten. Beberapa penelitian menemukan hubungan antara kafein dan jantung berdebar-debar atau detak jantung tidak teratur, namun penelitian lainnya tidak.

Bagi orang sehat, kafein biasanya tidak menyebabkan jantung berdebar-debar. Namun bagi mereka yang lebih sensitif terhadap kafein, meminum kopi atau minuman berkafein lainnya dapat menimbulkan gejala seperti detak jantung yang cepat atau tidak teratur.

Kafein sendiri mempengaruhi jantung dalam beberapa cara. Pertama, kafein merangsang pelepasan hormon noradrenalin dan norepinefrin, yang dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan jantung berkontraksi lebih keras dengan memengaruhi enzim yang merangsang jantung berkontraksi.

Namun, tubuh manusia bisa beradaptasi dengan efek kafein. Jantung berdebar tidak terlihat pada orang yang minum kopi setiap hari. Namun, mereka yang mulai mengonsumsi kafein atau minum kopi dalam jumlah berlebihan memiliki risiko lebih tinggi mengalami efek seperti kantuk.

Apakah kafein menyebabkan jantung berdebar-debar?

Selama bertahun-tahun, para peneliti percaya bahwa efek stimulasi kafein pada jantung menyebabkan jantung berdebar. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa hal ini mungkin tidak selalu benar. Kafein tetap dapat menyebabkan jantung berdebar-debar pada orang yang sensitif terhadap kafein atau memiliki penyakit jantung.

Jika Anda baru saja mengonsumsi kafein atau minum kopi dalam jumlah berlebihan, kemungkinan besar Anda akan mengalami gejala jantung seperti jantung berdebar. Anda harus menemui ahli jantung untuk mengetahui apakah kafein adalah penyebab sebenarnya dari gejala-gejala ini.

Apakah normal jika kita merasa gelisah setelah minum kopi?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wajar jika sebagian orang merasa gelisah setelah minum kopi, terutama jika mereka sensitif terhadap kafein. Namun, jika Anda sering mengalami jantung berdebar-debar setelah minum kopi, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan yang mendasarinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *