Kisah di Balik Pemilihan Toyota Innova Zenix untuk Paus Fransiskus

JAKARTA, VIVA  – Ada cerita menarik di balik pilihan Paus Fransiskus menggunakan Toyota Innova Xenix saat berkunjung ke Indonesia. Mobil yang dikenal dengan sebutan “mobil rakyat” ini merupakan kendaraan pilihan pemimpin tertinggi Gereja Katolik.

Menariknya, bukan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang mengusulkannya, melainkan permintaan langsung dari Paus Fransiskus.

Nandi Julanto, presiden direktur TMMIN, mengatakan Toyota tidak pernah menyerahkan mobil tersebut kepada panitia resepsi Paus Fransiskus.

– Sebenarnya bukan kami yang menyarankan mobil itu, tapi dia memilih menggunakan istilah “mobil rakyat”, katanya. ucapnya merujuk VIVA Sabtu 7 September 2024.

Paus Fransiskus dikenal mudah memilih dalam aktivitas sehari-hari, termasuk kendaraan. Saat Paus menanyakan mobil yang biasa digunakan masyarakat Indonesia, panitia memutuskan memilih Toyota Kizang Innova Xenix. Bagi TMMIN, keputusan ini membawa kebanggaan tersendiri.

“Tentu saya bangga, suatu berkah bukan, bisa dimanfaatkan oleh tokoh agama ternama,” lanjut Nandi antusias.

Menariknya, meski bisa dibanggakan, TMMIN menegaskan mereka tidak punya andil dalam memilih mobil ini.

“Beraninya kami, kami tidak mendukung ini. “Ada panitia penyambutan Paus Fransiskus. Beliau minta menggunakan mobil yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, dan terpilihlah Kijang Innova,” jelas Nandi.

Bob Azam, Wakil Direktur Utama TMMIN, juga menegaskan TMMIN tidak terlibat dalam proses pemilihan mobil Paus Fransiskus.

“Kami tidak berani menawarkannya. Kami bukan panitia,” kata Bob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *