Punya Konsumsi BBM 67 KM per Liter, Motor Baru Ini Laku Keras

VIVA – Produsen mobil menggunakan berbagai cara untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak atau minyak fosil, salah satunya adalah penggunaan gas sebagai sumber energi.

Bajaj Automobile menjadi satu-satunya merek India yang berhasil memproduksi sepeda motor berbahan bakar gas pertama di dunia. Bajaj Liberty 125 akan resmi diluncurkan pada Juli 2024.

Bajaj Freedom 125 ditawarkan dalam tiga varian yakni Freedom 125 Drum, Freedom 125 Drum LED dan Freedom 125 Disc LED dengan total 7 pilihan warna.

Varian terendah masih menggunakan rem tromol depan dan belakang dengan lampu depan bohlam, sedangkan dua varian lainnya kini menggunakan rem cakram di depan dan lampu depan LED. 

Menariknya, meski menggunakan teknologi baru, Bajaj Freedom 125 berhasil melampaui target perseroan yang mampu terjual lebih dari 100 ribu unit dalam waktu 3 bulan, berdasarkan laporan Rideapar dan Talaq Bikers pada Sabtu, 7 September 2024.

Melihat keberhasilan ini, CEO Bajaj Automobile Rajiv Bajaj mengatakan perusahaannya bertujuan untuk memproduksi lebih banyak model mobil bertenaga gas.

Setelah diluncurkan di dalam negeri, sepeda motor mini tersebut akan dijual di berbagai negara, namun sayangnya Indonesia belum masuk dalam daftar tersebut. Tiga negara yakni Mesir, Bangladesh, dan Afrika menjadi tujuan ekspor.

Sepeda motor ini dibekali mesin 125 cc yang lebih kompak dan irit. Terdapat dua tempat penyimpanan bahan bakar yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. 

Tangki bahan bakarnya berada di depan sepeda motor dengan kapasitas 2 liter. Sedangkan tangki untuk menyimpan gas bertekanan tinggi yakni CNG berada di rangka tengah, tepat di bawah jok.

Kapasitas tabung gas 2 kg. Berdasarkan hasil pengujian internal mereka, sepeda motor baru tersebut memiliki konsumsi bahan bakar 67 kmpl. Dan ini sangat irit jika melihat kapasitas silinder mesinnya.

Artinya sepeda motor mampu menempuh jarak antara 130-134 km tergantung kondisi pemakaian. Sementara konsumsi gas per 1 kg mencapai 102 km yakni 200-204 km. 

Ketika kedua bahan bakar terisi penuh, Freedom dapat menempuh jarak 330 kilometer hanya dengan 2 liter bensin dan 2 kilogram bahan bakar. Untuk tenaga maksimalnya 90,5 km/jam jika menggunakan bensin, dan 93,4 km/jam jika menggunakan bensin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *