Enggak Gampang Menerapkan SPBE di Indonesia, Internet Byar Pet hingga Hardware Usang

Jakarta, VIVA – Sistem e-Government (SPBE) merupakan langkah penting transformasi digital pada instansi pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pelayanan publik.

SPBE merupakan inisiatif strategis yang bertujuan untuk memodernisasi dan memodernisasi operasional pemerintahan dengan menggunakan teknologi digital dan cloud. Namun penerapannya di instansi pemerintah menimbulkan banyak tantangan.

Seperti halnya tantangan digitalisasi di industri lain, risiko keamanan menjadi perhatian utama karena sistem dapat diakses secara permanen oleh publik, sehingga meningkatkan risiko data dan informasi sensitif.

Datacomm, penyedia layanan teknologi informasi, menawarkan solusi lengkap penerapan SPBE di instansi pemerintah.

Meskipun SPBE menawarkan potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi, implementasinya menghadapi beberapa tantangan utama. Dari aksesibilitas, kedaulatan data, dan privasi.

Banyak institusi pemerintah, terutama yang berada di daerah tertinggal, bekas dan daerah terluar (3T), menghadapi permasalahan terkait infrastruktur teknologi.

Akses internet yang rendah, peralatan yang ketinggalan jaman dan jaringan yang buruk merupakan hambatan utama dalam penerapan SPBE.

Selain itu, persoalan keamanan dan data pribadi masih menjadi tantangan besar seiring dengan semakin banyaknya data yang dikelola secara elektronik.

Ancaman nyata seperti serangan siber, kebocoran data, dan penyalahgunaan informasi harus ditanggapi dengan serius.

Sebelumnya, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkapkan jumlah serangan siber di Indonesia semakin meningkat.

Pada tahun 2023, akan terjadi 400 juta serangan, dan serangan ini akan didominasi oleh malware seperti Trojan dan ransomware. Untuk peran penting cloud dan strategi meningkatkan kekuatan digitalisasi Internet di pemerintahan, Datacomm menawarkan dua produk baru: DCloud dan DTrust.

DCloud adalah layanan komputasi awan yang disertifikasi sesuai standar yang ditetapkan oleh banyak lembaga sertifikasi internasional dan memiliki fungsi Pencadangan dan Pemulihan.

Meskipun D Trust menawarkan solusi dan layanan keamanan cloud, mereka dirancang untuk melindungi data, sistem yang berjalan pada infrastruktur cloud dari ancaman dunia maya.

“DCloud memiliki Government Cloud, solusi cloud yang memenuhi kebutuhan SPBE pemerintah pusat, daerah, dan perusahaan,” kata Benny Sumitro, direktur Cloud Services Datacomm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *