8 Manfaat Minyak Kelapa Murni yang Jadi Kunci Awet Muda Mami Ipel

JAKARTA, Viva – Boris Bokir, Jennifer Jill atau kerap disapa Mami Ipel saat sesi podcast mengaku hanya menggunakan minyak kelapa untuk perawatan kulit. Istri petugas sementara ini memiliki wajah yang awet muda meski usianya sudah lebih dari setengah abad. 

Kebiasaan menggunakan minyak kelapa murni diturunkan oleh ibunya Rai Sita Supit. Wanita yang sudah memiliki empat cucu ini mengaku tidak menjalani operasi plastik atau implan benang.

Cara ini biasa digunakan untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur akibat penuaan. Sayangnya, Mami Ipel tak tertarik karena ia berhenti minum minuman beralkohol yang sulit dihilangkan sebelum prosedur kecantikan ini. 

“Saya tidak melakukan apa pun di wajah saya,” kata Mami Ipel pada tahun 2024 sambil bersumpah demi Tuhan. Pada hari Minggu, 8 September.

Dikutip dari Viva News (09-06-2024), Phil Paz menjelaskan tentang penggunaan minyak kelapa sebagai produk perawatan kulit. Cara ini dioleskan langsung ke wajah sebagai pelembab dan penghapus riasan pada malam hari sebelum tidur dan diminum untuk penyembuhan internal.

Dikutip dari Netmeds dan VOGUE, berikut ulasan manfaat penggunaan minyak kelapa biasa. Tahukah Anda, tidak hanya merawat kulit saja, tapi juga memberikan kontribusi bagi kesehatan lainnya.

Manfaat Minyak Kelapa Mentah

1. Melembabkan dan melembutkan kulit

Mami Ipel menggunakan minyak kelapa sebagai pelembab. Hadley King, MD, dokter kulit bersertifikat di New York, mengatakan minyak kelapa adalah pelembab yang baik karena kaya akan asam lemak yang disebut trigliserida.

Selain itu, minyak kelapa mentah memiliki sifat emolien yang menenangkan kulit kering dan mengunci kelembapan. Minyak kelapa juga kaya akan asam lemak yang membantu melembabkan dan melembutkan kulit.

2. Mencegah timbulnya jerawat

Asam laurat dalam minyak kelapa bersifat antijamur dan antibakteri, kata Joshua Zeichner, MD (direktur penelitian dermatologi kosmetik dan klinis di Rumah Sakit Mount Sinai). Dengan demikian, membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat di kulit dan membantu mengurangi peradangan.

3. Melindungi kulit dari sinar UV

Sifat antioksidan minyak kelapa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Baik dari sinar UV maupun polusi.

4. Membuat Anda awet muda

Selain itu, minyak kelapa telah terbukti membantu kulit melawan garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. Tak heran jika Mamie Eipel tetap terlihat awet muda di usia 53 tahun. 

5. Mengobati Eksim dan Psoriasis

Minyak kelapa tidak hanya dimanfaatkan sebagai produk perawatan kulit secara umum (skin care product), namun juga sebagai obat. Menggunakan minyak kelapa murni secara perlahan dapat mengurangi eksim dan psoriasis hingga sembuh total. 

6. Menurunkan berat badan 

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lipids, minyak kelapa berperan penting dalam membakar lemak perut yang membandel. Penelitian universitas

Ilmu pengetahuan di Malaysia menunjukkan bahwa minyak kelapa meningkatkan metabolisme tubuh dengan mengurangi stres pada pankreas, membakar energi dan membantu orang yang mengalami obesitas menurunkan berat badan.

7. Rambut sehat dan berkilau

Minyak kelapa mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus memperkuat setiap helai rambut. Tak hanya itu, minyak kelapa juga membuat rambut Anda bersinar.

Menurut Journal of Cosmetic Science, minyak kelapa sangat efektif mencegah hilangnya protein penyebab rambut rontok. Minyak kelapa menembus jauh ke dalam batang rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Mengoleskan minyak kelapa sambil memijat kulit kepala juga dapat membantu mencegah ketombe. Tak hanya itu, rambut Anda pun akan sehat dan terlindungi dari serangan kutu.

8. Meningkatkan kesehatan tulang 

Minyak kelapa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap mineral penting, termasuk kalsium dan magnesium, yang penting untuk perkembangan tulang. Oleh karena itu, minyak kelapa sangat bermanfaat bagi wanita yang lebih rentan terkena osteoporosis setelah usia 40 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *