Repsol Akhirnya Resmi Bercerai dengan Honda MotoGP, Buntut Performa Buruk?

JAKARTA, VIVA  – Di penghujung musim MotoGP 2024, Repsol mencopot Honda sebagai sponsor utama, salah satu kemitraan paling populer antara sponsor dan pabrikan tim besar.

9 Agustus 2024, dikutip VIVA Otomotif dari Crash Monday, Honda menarik diri dari pelumas sepeda motor setelah menjadi sponsornya selama 30 tahun atau lebih sejak 1995. Itu adalah salah satu kemitraan tersukses dalam sejarah olahraga ini.

“Repsol tidak akan memperbarui perjanjian sponsorship saat ini dengan Honda Racing Corporation (HRC) untuk Kejuaraan Dunia MotoGP, yang akan berakhir pada 31 Desember tahun ini,” bunyi pernyataan resmi Repsol

Tim Repsol Honda meraih 15 gelar pebalap bersama Mick Doohan, Alex Greville, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, dan Marc Marquez. Sayangnya, kini tim tersebut sedang terpuruk.

Repsol Honda belum pernah memenangkan balapan sejak kemenangan terakhirnya di Misano pada tahun 2021 bersama Marc Marquez Honda.

Pengganti Marquez, Luca Marini, juga mengalami penurunan musim ini, hanya mencetak 1 poin. Sedangkan Márquez sudah dua kali meraih kemenangan di Gresini Racing dengan mengendarai motor Ducati Desmosedici GP23.  

Baru-baru ini, pada Minggu 8 September 2024, Márquez menjuarai MotoGP San Marino. Kini, pebalap asal Spanyol itu berada di posisi ketiga dengan 259 poin, atau tertinggal 53 poin dari peringkat pertama Jorge Martin.

Kembali ke Repsol, tidak jelas apakah mereka akan mengalihkan dukungan mereka ke pabrikan saingannya, MotoGP, hanya mengatakan bahwa mereka akan ‘tetap terhubung dengan balap motor’.

Seperti diketahui, MotoGP akan beralih ke bahan bakar 100% non-fosil mulai tahun 2027, yang disambut baik oleh Repsol. Meski demikian, Repsol bersyukur atas kolaborasinya dengan Honda.

“Repsol berterima kasih kepada HRC atas dedikasi dan komitmennya selama kita bekerja sama. Perusahaan multi talenta ini akan terus dikaitkan dengan balap motor untuk terus mengembangkan produk dan layanan berkualitas tinggi,” tutup pernyataan Repsol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *