Defile Pembukaan PON 2024, Ada Kontingen Atlet IKN

Banda Aceh, VIVA – Parade atau parade atlet dan official tim dari 39 provinsi se-Indonesia yang mengikuti pembukaan Pekan Olahraga Nasional ke-21 Aceh – Sumatera Utara (PON) 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin malam, 9 September 2024.

Di antara jumlah tersebut, terdapat 12 pemain dan ofisial Otoritas Ibu Kota Kepulauan (IKN).

Mereka berada di urutan ketiga di Sumatera Utara, disusul Aceh. Para atlet dan ofisial IKN terlihat mengenakan kostum adat dari beberapa provinsi.

Saat pembawa acara menelepon, Presiden Joko Widodo dan Ariana terlihat melambaikan IKN.

Atlet IKN akan bertanding di PON 2024 pada cabang senam, menembak, layar, dan renang. Ini merupakan pertama kalinya IKN mengikuti multievent olahraga.

Keterlibatan IKN disampaikan oleh Plt Gubernur Aceh, Savrizal. Ia menyebutkan, selain badan IKN, terdapat 39 tim atlet dan ofisial seluruh provinsi di Indonesia.

“Kami menyambut atlet resmi dari 39 provinsi seluruh Indonesia dan wilayah hukum IKN,” kata Savrizal dalam sambutannya.

Diketahui, PON 2024 akan mempertandingkan 65 pertandingan dan 1.042 nomor pertandingan yang dipertandingkan di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumut.

Beberapa pertandingan tersebut telah dimulai pada akhir bulan Agustus lalu dan akan berakhir pada tanggal 20 September dan berakhir di Provinsi Sumatera Utara.

Presiden Jokowi menuturkan, PON harus dijadikan ajang mencetak pemain-pemain terbaik dan mencetak peraih emas di tingkat internasional.

“Yang kurang penting, pertandingan ini berpeluang mempererat persatuan kita, dan mempererat tali persaudaraan kita sebagai sebuah bangsa. Oleh karena itu, saya sangat berharap pertandingan ini tetap dijaga dan dimainkan secara adil,” kata Presiden Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *