Jadi Jembatan Kebutuhan Bisnis dengan Teknologi

Jakarta, VIVA – Internet terus meningkat di Indonesia, menjangkau 79,5 persen penduduk Tanah Air.

Cakupan jaringan 4G juga mencakup 97,42 persen wilayah padat penduduk, sedangkan cakupan 5G di Indonesia hanya 3,53 persen wilayah padat penduduk tempat tinggal.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (Menkominfo) mengatakan pemerataan internet selain mendobrak era digital juga dapat menjamin pemerataan kesempatan bagi masyarakat.

Ia juga menyoroti upaya berkelanjutannya untuk mengurangi kesenjangan digital melalui program dan kebijakan.

“Kita harus mengingat pentingnya menciptakan pemerataan kesempatan dalam pembangunan, khususnya dalam upaya transformasi digital. Solusinya adalah dengan meningkatkan literasi digital melalui pendidikan dan investasi di bidang pendidikan,” ujarnya di Jakarta, Selasa, 10 September 2024.

Selain itu, menurut Menkominfo, perlu juga pemanfaatan klaster satelit untuk memanfaatkan komunikasi publik di wilayah belakang, perbatasan, dan terluar (3T).

Budi Arie menjelaskan, penerapan solusi ini didorong oleh kerja sama antar pihak yang berkepentingan, sehingga dapat memudahkan transfer ilmu dan mewujudkan organisasi digital.

“Pemerintah terus melakukan upaya untuk mengurangi kesenjangan digital di tingkat nasional, seperti pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan trans-receiver station (BTS) di kawasan 3T, perluasan siaran Internet ke fasilitas umum, dan perluasan jaringan internet. pembangunan jaringan kabel serat optik Palapa Ring, dan peluncuran Satelit Satria-Multifungsi 1,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie.

Di era transformasi digital, informasi dan komunikasi dasar akan semakin meningkat perkembangannya. Oleh karena itu, Datacomm Solution Day 2024 diciptakan untuk mengeksplorasi inovasi dan solusi teknologi cloud computing di Indonesia.

“Kami ingin menjadi jembatan yang menghubungkan kebutuhan bisnis dengan teknologi, khususnya cloud computing dan keamanan siber, sebagai bagian dari transformasi digital Indonesia,” ujar Benny Sumitro, Cloud dan IT Director Datacomm Diangraha.

Menurutnya, Datacomm Solution Day 2024 merupakan wadah bagi pemerintah, pengusaha, dan akademisi untuk berbagi informasi dan informasi terkini mengenai solusi komputasi awan.

“Kolaborasi dan berbagi pengetahuan menjadi kunci untuk menjawab tantangan era digital. Kami yakin pemanfaatan teknologi cloud secara efektif dapat mendorong pertumbuhan dan efisiensi bisnis,” jelas Benny.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *