Penjualan Mobil Honda Meroket, Ini Model yang Paling Dicari Orang RI

Viva – Penjualan mobil baru secara nasional dari pabrik hingga diler meningkat pada bulan lalu. Terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo.

Penjualan ritel kendaraan baru pada Agustus 2024 tercatat mencapai 76.808 unit, turun dibandingkan Juli yang hanya 75.608 unit. Hampir semua merek mengalami kenaikan, termasuk Honda.

Sebagai produsen, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengalami peningkatan tajam penjualan mobil barunya dari distributor ke pelanggan pada bulan lalu sebanyak 8.515 unit, naik 10 persen dari sebelumnya 7.709 unit.

Penjualan Honda pada Agustus 2024 ditopang oleh perolehan GIIAS 2024 Juli tahun lalu, kata Usak Billi dalam keterangannya, Selasa, 10 September 2024.

Berdasarkan angka tersebut, Honda Brio menjadi model yang paling banyak dicari di Indonesia dengan menyumbang 53% penjualan atau 4.558 unit.

Bus ini pertama kali lahir di Indonesia pada tahun 2012 dan merupakan import lengkap dari Thailand dengan nama CBU (Completely Built Up). Generasi pertama punya dua pilihan mesin, 1.200 cc dan 1.300 cc. Berdasarkan kesuksesan penjualan pada tahun 2013, HPM merakit Brio secara lokal di Karawang, Jawa Barat. Setelah produksi dalam negeri, Brio bergabung dengan KBH2, program pemerintah yang dikenal dengan LCGC (Low Cost Green Car) untuk mobil ramah lingkungan.

Brio yang saat ini beredar di pasaran merupakan generasi kedua yang diluncurkan pada tahun 2018, menawarkan desain yang lebih canggih dan fitur yang lebih canggih seperti smart key.

Model terlaris kedua bulan lalu adalah Honda HR-V yang terjual 1.523 unit, naik 28 persen dibandingkan bulan sebelumnya. SUV mungil ini ditawarkan dengan mesin 1.500 cc dan mesin turbo natural aspirated.

WR-V berada di urutan ketiga dengan penjualan 1.127 unit, disusul BR-V sebanyak 842 unit, dan All New CR-V di segmen hybrid yang rata-rata terjual 220 unit.

 “Kami bersyukur model kesayangan kita seperti Honda Brio dan Honda HR-V tetap populer dan banyak diminati pelanggan saat ini. “Kami berharap pameran mobil besar di berbagai wilayah Indonesia terus mendukung tren positif ini,” kata Billy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *