Berkaca pada Kematian Puput Novel, 8 Makanan Ampuh Cegah Kanker Payudara

Jakarta, VIVA – Kanker payudara menjadi penyebab meninggalnya Puput Novel. Makanan tertentu dapat menghambat pertumbuhan sel-sel penyusun jaringan payudara yang tumbuh tidak terkendali (tidak normal).

Penyanyi Puput Novel menjadi salah satu korban kanker payudara. Artis kompetitif ini meninggal pada usia 50 tahun setelah berjuang selama tiga tahun melawan kanker payudara. 

Kematian Puput Novel bisa dikatakan mendadak karena sang penyayang binatang merahasiakan penyakitnya dari keluarga dan teman-temannya. Adik Puput, Baginda Jaya mengatakan, alasan keputusan tersebut karena tidak ingin membebani orang lain.

Yang Mulia menambahkan, Puput Novel selalu berusaha tampil ceria dan tidak ingin orang lain melihatnya sakit. Menurut Baginda, Puput tak ingin orang lain bersedih dengan kondisinya.

Meninggalnya Puput Novel merupakan cerminan kita untuk lebih waspada dan tidak abai terhadap penyakit kanker payudara. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati, berikut makanan yang dinilai paling baik dalam mengurangi risiko kanker payudara seperti disebutkan Medical News Today dan Lompo Valley Medical Center.

8 Makanan Yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

1. Ikan berminyak

Ikan berminyak mengandung omega-3, vitamin B dan potasium. Hasil analisis menunjukkan bahwa omega-3 pada ikan memiliki manfaat signifikan dalam memberikan perlindungan terhadap kanker payudara. 

Penelitian ini juga mengaitkan kebiasaan makan ikan berlemak dengan penurunan risiko kanker usus besar. Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, mackerel. dan ikan teri.

2. Blueberry

Buah beri mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat melindungi sel, memperbaiki sel yang rusak, dan memperlambat penyebaran sel kanker. Buah beri berwarna gelap memiliki antioksidan 50 persen lebih banyak dibandingkan buah beri berwarna terang. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioxidants pada tahun 2016 menemukan bahwa blueberry dapat menghancurkan tumor payudara dan sel kanker. Lebih bijaksana mengonsumsi buah-buahan segar dan mentah daripada buah-buahan yang difermentasi atau dikeringkan.

3. Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung polifenol, flavonoid, dan antioksidan. Menurut review Sumber Terpercaya, zat ini memiliki efek anti kanker. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang banyak makan coklat memiliki risiko 12 kali lipat lebih rendah untuk meninggal akibat kanker.

4. Bawang bombay

Keluarga allium atau keluarga bawang merah terbukti efektif menurunkan risiko kanker payudara. Kelompok sayuran ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Keluarga allium meliputi bawang merah, bawang putih, bawang merah, bawang putih dan lain-lain.

Tak hanya itu, terdapat juga senyawa belerang yang dipercaya memiliki kemampuan mencegah pembekuan darah dan memperkuat imunitas tubuh.  Journal of Breast Cancer yang diterbitkan pada tahun 2016 menyatakan bahwa wanita yang aktif mengonsumsi bawang putih segar dan bawang putih memiliki kemungkinan lebih kecil terkena kanker payudara.

5. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi kaya akan probiotik untuk mencegah tubuh menyerap racun berbahaya penyebab kanker payudara. Sebuah studi Oncology Review tahun 2019 menunjukkan bahwa obat anti inflamasi sangat efektif bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

Pilihan makanan fermentasi yang dapat mencegah kanker antara lain kanker payudara, seperti kimchi, natto, keju, tempe, dan yogurt.

6. Sayuran hijau 

Kangkung, bayam, dan sawi merupakan beberapa dari sekian banyak sayuran hijau yang efektif mencegah kanker payudara. Sayuran hijau kaya akan antioksidan yang mampu menghancurkan radikal bebas penyebab kanker. 

Dalam Journal of National Cancer Institute tahun 2012, peneliti menemukan bahwa risiko kanker payudara pada wanita yang banyak mengonsumsi sayuran hijau lebih rendah. Anda bisa mengaduknya hingga mendidih untuk memakan sayur ini.

7. Jeruk

Seperti yang kita ketahui, jeruk kaya akan vitamin C, kalsium. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung beberapa zat penting yang berperan dalam mencegah kanker payudara. 

Journal of Breast Cancer menyatakan bahwa wanita yang makan lebih banyak buah jeruk memiliki kemungkinan 10 persen lebih kecil terkena kanker payudara.

8. Teh Hijau

Teh hijau menjadi minuman yang viral dalam beberapa tahun terakhir. Teh hijau mengandung berbagai senyawa dan antioksidan yang mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. 

World Journal of Clinical Oncology menunjukkan bahwa wanita yang minum setidaknya 10 cangkir teh hijau memiliki kemampuan mencegah kanker payudara. Teh hijau juga dapat mengurangi peradangan dan menghancurkan radikal bebas penyebab berbagai jenis kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *