Pimpin Upacara HUT Ke-79 TNI AL, Jenderal Agus: Jaga Netralitas, TNI Tidak Berpolitik Praktis

Batavia, LIVE – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto hari ini mendapat kehormatan sebagai Pembawa Acara Peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke-79 di atas kapal KRI dr. Radjiman Widydiningrat-992 yang berlayar di perairan Teluk Batavia.

Dalam kesempatan langka itu, Panglima TNI Agus Subiyanto mengatakan, sebentar lagi bangsa Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum daerah (Pilkada) serentak di 545 daerah.

Dengan begitu, orang nomor satu di TNI ini mengingatkan seluruh prajurit AL TNI di mana pun berada untuk tetap teguh memegang komitmen TNI menjaga netralitas TNI pada pilkada yang digelar November 2024.

Beliau tak segan-segan mengingatkan seluruh prajurit TNI-Angkatan Laut untuk menjaga peran netralitas TNI. Netralitas TNI merupakan kehendak bangsa Indonesia yang diamanatkan dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004. “Di antaranya TNI tidak mengurusi hal praktis,” kata Kepala Negara TNI Agus Jenderal Subiyanto usai membacakan suratnya yang ditulis pada Upacara HUT RI ke-79 di Circumda KRI Dr. Radjiman Widydiningrat-992, pada Selasa, 10 September , 2024.

Panglima TNI lantas menegaskan, netralitas TNI dalam kontestasi politik merupakan harga tertentu yang tidak bisa ditawar. 

Lebih lanjut ditegaskannya, tugas utama TNI menghadapi Pilkada Serentak November 2024 adalah membangun sinergi dengan Politisi Nasional untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam tahapan dan pelaksanaan pilkada.

Media TNI juga merupakan wujud nyata bahwa TNI dengan tegas tidak ingin dan tidak boleh kembali ke panggung politik praktis dan mengutamakan sinergi dengan Polri dan elemen bangsa lainnya, tegasnya.

Sekadar informasi, peringatan HUT TNI AL ke-79 media festival digelar di atas kapal Dr KRI. Radjiman Widyodiningrat-992 di perairan sekitar Teluk Batavia juga diikuti oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia. 

Turut hadir dalam upacara tersebut adalah beberapa jenderal bintang empat seperti Listyo Sigit Prabowo, Kapolri Jenderal, Kepala Staf (KSAL) Jenderal TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Udara. (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono, dan beberapa pejabat penting TNI dari tiga matra turut hadir dalam upacara HUT TNI AL tersebut.

LIVE Pantauan militer di camp, usai memimpin upacara, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan tamu undangan lainnya menyaksikan kemampuan 38 TNI AL dalam mengarungi kapal panjang dan membentuk formasi militer Sailing Pass, serta beberapa benteng untuk menghancurkan kapal musuh dengan api. laut terbuka

Tak hanya itu, Panglima TNI juga mengalami serangan udara saat penerbangan Tim Puspenerbal Rajawali Laut (RaLF). Selain itu, Panglima TNI menyaksikan simulasi pembebasan sandera yang dilakukan prajurit umum pasukan khusus TNI AL yaitu Denjaka, Kopaska dan Taifib, serta peralihan penerbangan unsur jarak jauh, helikopter dan helikopter. pesawat terbang ke TNI AL. (Berat).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *