Tempuh 569 Km, Segini Konsumsi BBM Yamaha Nmax Turbo Digeber Bengkulu-Palembang

JAKARTA, VIVA – Yamaha menggelar tur NMAX Boemi Nusantara sebagai bagian dari Sumatra Series. Kali ini redaksi VIVA Otomotif mengikuti tahap final yang berlangsung dari Bengkulu hingga Palembang pada 6-8 September 2024.

Perjalanan dimulai di Dealer Pusat Yamaha Bengkulu kemudian dilanjutkan dengan Yamaha Nmax Touring hingga Tikungan 9 yang rutenya meliputi tikungan ekstrim, tanjakan dan turunan khas dataran tinggi pulau sumatera.

Memiliki kemampuan untuk memilih antara mode berkendara T-Mode (Commuting) dan S-Mode (Sport Touring) sungguh membantu. Dalam mode S, motor melaju dengan sangat baik di jalan lurus dan menanjak.

Selain itu, Y-Shift membantu pengemudi untuk mempercepat atau mengurangi kecepatan secara instan dalam tiga level: rendah (1), sedang (2) dan tinggi (3). Fungsi Y-shift ini juga sangat membantu saat berkendara menanjak dan menikung.

Karena mesin sepeda motor cenderung mogok, penggunaan rem diminimalkan. Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Tebing Suban Curup dan kota Lubuk Linggau, destinasi menarik yang dilalui para pesepeda.

Jalan dengan kontur dan tikungan serta tanjakan yang beragam menghadirkan medan yang sangat menantang bagi para peserta tur dalam perjalanan menuju kota Lahat, kita melewati perkebunan tanpa lampu jalan.

Namun lampu pada Nmax generasi ketiga ini cukup bisa diandalkan karena memiliki proyektor LED yang sangat terang. Akibat hujan tersebut, kondisi jalan juga basah, namun Traction Control System (TCS) mampu memberikan cengkeraman maksimal pada sepeda motor dan mencegah kemungkinan tergelincir. 

Hingga akhirnya kami sampai di kota Lahat dengan jarak 313,2 km. Keesokan harinya perjalanan sebagian besar dilanjutkan melalui jalan lurus menuju palembang. Dengan menggunakan Y-Shift, efek turbo menjadi maksimal.

Perjalanan menuju garis finis di kota palembang dengan mengendarai Yamaha Nmax Turbo Techmax adalah 569,7 km. Berdasarkan rekaman yang ditampilkan pada Nmax Turbo Multi-Information Display (MID).

Dengan bobot redaksi VIVA 60 kg, konsumsi bahan bakar saat melaju 38,4 km per liter. Sebagai pengingat, hasil tes tentu saja akan bervariasi tergantung gaya berkendara, bobot pengendara, dan kondisi jalan. 

Pengujian ini juga menunjukkan tidak adanya konsumsi bahan bakar, itulah sebabnya sepeda motor terus berhenti. Saat dikendarai, sepeda motor tersebut “meminum” bensin dengan RON 92 (Pertamax). 

Yamaha Nmax Turbo menggunakan mesin VVA Blue Core 155cc generasi terbaru. Berkat perubahan rentang detak jantung, NMAX Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal 11,3 kW / 8000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm / 6500 rpm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *